✔ Rujukan Rpp K13 Kelas 4 Tema 9 (Format 1 Lembar) Tahun 2019/2020

Bapak mendikbud Nadiem makrim memberi kebijakan gres ihwal penyederhanaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dari yang sebelumnya panjang lebar kini cukup dalam 1 lembar saja

RPP merupakan salah satu berkas penting yang harus disiapkan guru sebelum acara berguru mengajar dimulai. Tentu menjadi salah satu beban guru untuk membuatnya, nah untuk meringankan beban tersebut sehingga penyederhanaan RPP ini dirasa penting diaplikasikan

Kalau dulu RPP memuat 13 komponen kini dirampingkan mejadi 3 komponen utama yaitu : tujuan pmbelajaran, acara pembelajaran dan penilaian

Dijelaskan pula boleh dibentuk sesuai dengan format masing-masing, sehingga bapak/ibu guru sanggup menciptakan RPP ini sesuai dengan kreativitas masing - masing.

Namun RPP yang dihasilkan harus tetap memuat penguatan abjad kurun 21 dengan kata lain boleh jadi RPP ramping dengan 1 halaman namun tetap berkualitas dan efisien digunakan.

Untuk memudahkan guru sekalian disini guru-baik.com kembali memperlihatkan pola RPP 1 lembar untuk SD kelas 4

RPP ini bersifat tematik dimana semua mata pelajaran dikelas 4 SD semester 2 disediakan dalam bentuk tema sehingga bahan nya bersifat adonan untuk setiap pembelajaran (pertemuan).

Contoh RPP format 1 lembar yang kami berikan ini yakni untuk tematik kelas 4 tema 9 kayanya negeriku yang terdiri dari subtema 1 2 3 dan 4 tahun 2019/2020.

Didalamnya telah diubahsuaikan dengan apa yang terdapat dalam surat edaran no 14 tahun 2019, dimana acara pembelajaran didesain semoga sanggup berbagi kemapuan befikir tingkat tinggi (HOTS) menyerupai apa yang telah dicanangkan dalam assesment yang akan menggantikan UN ditahun 2021 nanti.Berikut pola RPP 1 lembar untuk kelas 4 SD :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan                   : SD/MI

Kelas / Semester                      :  4 /2

Tema                                       :  Kayanya Negeriku (Tema 9)

Sub Tema                                :  Kekayaan Sumber Energi di Indonesia (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu                      :  IPA, IPS, Bahasa Indonesia

Pembelajaran ke                      :  1

Alokasi waktu                         :  1 Hari

TUJUAN

  1. Membaca bacaan ihwal lingkungan, siswa memahami korelasi insan dengan lingkungan dengan penuh kepedulian.
  2. Membuat peta pikiran, siswa sanggup memahami korelasi insan dengan lingkungan sengan penuh tanggung jawab
  3. Mengamati gambar lingkungan alam, siswa sanggup mengenal lingkungan alam dengan penuh kepedulian.
  4. Membaca teks dan mengamati gambar ihwal siklus beberapa hewan, siswa memahami siklus hidup beberapa binatang dengan penuh rasa kepedulian.
  5. Membaca teks dan mengamati gambar ihwal sumber energi air dan listrik, siswa mengetahui salah satu pola sumber energi yang banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh kepedulian
  6. Mengamati gambar pembangkit listrik tenaga air, siswa mengetahui keterkaitan antara sumber daya air dengan energi listrik dengan penuh tanggung jawab.

KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pembukaan

  • Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
  • Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adala siswa siswa yang hari ini tiba paling awal. (Religius dan Integritas)
  • Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan perilaku disiplin setiap dikala dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
  • Menyanyikan salah satu lagu wajib dan atau nasional. Guru memperlihatkan penguatan ihwal pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme

Inti

Ayo Mengamati

  • Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar.
  • Siswa mengamati gambar ihwal imbas pola sumber energi, yaitu air dan listrik.
  • Siswa mengamati dan menganalisa gambar dan percakapan secara cermat. (Creativitu and Innovation

Ayo Membaca

  • Siswa membaca bacaan yang berjudul “Air dan Listrik”. (Literasi)
  • Secara mandiri, siswa menjawab pertanyaan menurut bacaan.
  • Hasil pekerjaan siswa saling ditukarkan untuk kemudian dievaluasi ketepatan jawabannya dari setiap tanggapan siswa.

Ayo Berlatih

  • Siswa melaksanakan pengamatan berkaitan dengan cara kerja lsitrik memakai saklar.
  • Guru mengarahkan kepada siswa untuk menciptakan catatan pengamatan.
  • Berdasarkan catatan pengamatan, siswa menyusun sebuah kesimpulan dari pengamatan.
  • Hasil pekerjaan siswa saling ditukarkan untuk kemudian dievaluasi (Hots)

Ayo Berdiskusi

  • Guru memngingatkan kembali ihwal isi bacaan dengan judul “LIngkungan”, guru meminta siswa untuk mencari isu mengenai manfaat lingkungan bagi kehidupan manusia. (Integrasi)
  • Siswa mencari inormasi dengan cara bertanya atau melaksanakan wawancara sederhana terhadap orang-orang yang ada di sekitarnya. (Mandiri)
  • Siswa menuliskan isu yang ia dapatkan dalam tabel yang disediakan.
  • Siswa saling menukarkan isu yang mereka dapatkan dan saling memperlihatkan komentar nyata dan saran perbaikan.

Ayo Renungkan

  • Siswa mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari, berkaitan dengan sumber energi lingkungan, dan keterampilan wawancara.(Critical Thingking and Problem Solving)

Kerjasama dengan Orang Tua

  • Dengan derma orang tuanya, siswa mengamati penggunaan air dalam kehidupan sehari-hari keluarganya.
  • Siswa mencatat acara yang memanfaatkan air dan banyaknya air yang digunakan.
  • Siswa juga mencatat perjuangan ekonomis air yang sudah dilakukan oleh keluarganya dalam menghemat air?
  • (Mandiri)

Kegiatan Penutup

  • Menyanyikan salah satu lagu tempat untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi.
  • Salam dan do’a epilog di pimpin oleh salah satu siswa. (Religius)

PENILAIAN

  1. Penilaian Sikap : Observasi selama acara berlangsung
  2. Penilaian Pengetahuan
  • Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi akseptor didik.
  • Penilaian terhadap bahan ini sanggup dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

Download Contoh RPP 1 lembar Untuk Kelas 4 SD

Nah untuk pola lengkap RPP kelas 4 semester 2 revisi 2019/2020 (format 1 lembar) sanggup didownload melalui link unduhan berikut :

1. RPP Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 kekayaan sumber energi diIndonesi tahun aliran 2019/2020 - Unduh

2. RPP Kelas 4 Tema 8 Subtema 2 Pemanfaatan kekayaan alam Indonesia tahun aliran 2019/2020 - Unduh

3. RPP Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 pelestarian kekayaan sumber daya alam Indonesia tahun aliran 2019/2020 - Unduh

4. RPP Kelas 4 Tema 8 Subtema 4 Kegiatan literasi tahun aliran 2019/2020 - Unduh

Demikian pola RPP kelas 4 tema 9 (fomat 1 lembar) yang sanggup kami berikan, Untuk file lengkap ibu/bapak guru sanggup membuatnya sendiri dengan memakai pola tersebut sebagai refferensi. Namun kalau membutuhkan file siap pakai silahkan hubungi kami di nomor WA 082182669919. Terima Kasih.

Semoga isu ihwal RPP 1 lembar kelas 4 tema 9 revisi 2019/2020 yang kami berikan bermanfaat. Terima Kasih.

Belum ada Komentar untuk "✔ Rujukan Rpp K13 Kelas 4 Tema 9 (Format 1 Lembar) Tahun 2019/2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel