✔ Lembar Pengamatan Praktik Mencar Ilmu Pkp 2019 Tagihan On-2
Salah satu kiprah diklat PKP 2019 yakni lembar pengamatan praktik berguru dalam tagihan ON-2 dan ON-3, laporan ini harus diupload keladalam aplikasi LMS nantinya.
Tugas ini merupakan kiprah yang berisikan beberapa pengamatan yang dilakukan guru dalam beberapa aspek.
Bagi teman-teman guru yang menjadi penerima diklat, berikut kami berikan teladan lembar pengamatan praktik berguru dalam tagihan.
ON 2
A. Tujuan
Peserta melaksanakan praktek pembelajaran dan menyusun RPP unit 2
B. Petunjuk
1. Peserta melaksanakan pratek pembelajaran dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a. Peserta melaksanakan persiapan sebelum melaksanakan pratek pembelajaran
b. Peserta melaksanakan proses pembelajaran menurut RPP yang telah disusun pada acara IN-3
c. Pengawas pembina melaksanakan pengamatan pratek pembelajaran yang dilakukan penerima dengan mengunakan format Lembar Pengamatan Praktik Pembelajaran Berorientasi HOTS yang telah tersedia
2. Peserta mengaupload lembar pengamatan yang telah di isi oleh pengawas ke aplikasi pendampingan Online
3. Peserta menyusun RPP berorientasi HOTS Unit ke 2 sesuai dengan desain pembelajaran yang
telah di susun pada In 3 dengan mengunakan LK-5.
4. Peserta mengisi Jurnal Pratek mengajar.
FORMAT LEMBAR PENGAMATAN PRAKTIK PEMBELAJARAN BERORIENTASI HOTS
Format Pengamatan
Nama Peserta : Tugino
Mata Pelajaran : Matematika
Modul /Kelompok Kompetensi/ Layanan/Kls : VI
Kegiatan Pembelajaran : Operasi Hitung Bilangan Bulat
Demikian informasi terkait kiprah diklat PKP 2019 yang bisa kami bagikan, Terima Kasih.
Tugas ini merupakan kiprah yang berisikan beberapa pengamatan yang dilakukan guru dalam beberapa aspek.
Bagi teman-teman guru yang menjadi penerima diklat, berikut kami berikan teladan lembar pengamatan praktik berguru dalam tagihan.
Contoh lembar pengamatan praktik berguru PKP 2019
ON 2
A. Tujuan
Peserta melaksanakan praktek pembelajaran dan menyusun RPP unit 2
B. Petunjuk
1. Peserta melaksanakan pratek pembelajaran dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a. Peserta melaksanakan persiapan sebelum melaksanakan pratek pembelajaran
b. Peserta melaksanakan proses pembelajaran menurut RPP yang telah disusun pada acara IN-3
c. Pengawas pembina melaksanakan pengamatan pratek pembelajaran yang dilakukan penerima dengan mengunakan format Lembar Pengamatan Praktik Pembelajaran Berorientasi HOTS yang telah tersedia
2. Peserta mengaupload lembar pengamatan yang telah di isi oleh pengawas ke aplikasi pendampingan Online
3. Peserta menyusun RPP berorientasi HOTS Unit ke 2 sesuai dengan desain pembelajaran yang
telah di susun pada In 3 dengan mengunakan LK-5.
4. Peserta mengisi Jurnal Pratek mengajar.
FORMAT LEMBAR PENGAMATAN PRAKTIK PEMBELAJARAN BERORIENTASI HOTS
Format Pengamatan
Nama Peserta : Tugino
Mata Pelajaran : Matematika
Modul /Kelompok Kompetensi/ Layanan/Kls : VI
Kegiatan Pembelajaran : Operasi Hitung Bilangan Bulat
Aspek yang Diamati | Ya | Tidak | Catatan | ||
Kegiatan Pendahuluan | |||||
1 | Memotivasi peserta dalam memulai pembelajaran | √ | |||
2 | Mengondisikan suasana berguru yang nyaman (pengaturan daerah duduk, media, kesiapan alat bantu pembelajaran) | √ | |||
3 | Menyampaikan tujuan, kompetensi, indikator, alokasi waktu dan skenario acara pembelajaran | √ | |||
Kegiatan Inti | |||||
Penguasaan bahan dan pengelolaan pembelajaran | |||||
Kemampuan memfasilitasi Pembelajaran | |||||
1 | Menguasai bahan pembelajaran | √ | |||
2 | Menyajikan bahan secara sistematis | √ | |||
3 | Menguasai kelas | √ | |||
4 | Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan | √ | |||
Pelibatan peserta dalam pembelajaran | |||||
1 | Menumbuhkan partisipasi aktif peserta dalam acara belajar | √ | |||
2 | Merespon nyata partisipasi penerima | √ | |||
3 | Menumbuhkan keceriaan atau antusiasme penerima dalam belajar | √ | |||
Integrasi Saintifik, Aspek HOTS, Kecakapan kala 21 dan dimensi pengetahuan dalam pembelajaran | |||||
1 | Proses Saintifik (5M) | √ | |||
2 | Aktivitas pembelajaran HOTS | ||||
a | Transfer Knowledge | √ | |||
b | Critical Creativity | √ | |||
c | Problem Solving | √ | |||
3 | Kecakapan kala 21 (4C) | √ | |||
4 | Dimensi Pengetahuan | √ | |||
Pemanfaatan media/sumber berguru dalam pembelajaran | |||||
1 | Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan media belajar | √ | |||
2 | Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber pembelajaran | √ | |||
3 | Melibatkan peserta dalam pemanfaatan media belajar | √ | |||
Pelaksanaan evaluasi pembelajaran | |||||
1 | Melaksanakan evaluasi sikap | √ | |||
2 | Melaksanakan evaluasi pengetahuan | √ | |||
3 | Melaksanakan evaluasi keterampilan | √ | |||
Penggunaan bahasa yang benar dan sempurna dalam pembelajaran | |||||
1 | Menggunakan bahasa mulut secara terperinci dan lancar | √ | |||
2 | Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar | √ | |||
Kegiatan Penutup | |||||
1 | Memfasilitasi peserta merangkum bahan pelajaran | √ | |||
2 | Melakukan rerefleksi proses dan bahan pelajaran | √ | |||
Download lembar pengamatan praktik belajar, Disini.
Demikian informasi terkait kiprah diklat PKP 2019 yang bisa kami bagikan, Terima Kasih.
Belum ada Komentar untuk "✔ Lembar Pengamatan Praktik Mencar Ilmu Pkp 2019 Tagihan On-2"
Posting Komentar