✔ Lk-3 Desain Pembelajaran Berbasis Zonasi Jenjang Sd Dan Smp Pkp Tahun 2019
LK-3 merupakan salah satu kiprah yang membahas desain pembelajaran dari 13 laporan penerima diklat PKP SD dan Sekolah Menengah Pertama Berbasis zonasi 2019.
Adapun lembar kerja desain pembelajaran ini secara rincian mempunyai beberapa bahasan didalamnya meliputi cara dan metode acara Pembelajaran yang mana didalam unsur pengisiannya terdapat IPK Pengetahuan dan Ketrampilan, Kegiatan Pembelajaran, Sumber Belajar dan penilaian.
Sama menyerupai LK lainnya laporan ini juga harus di unggah ke LMS PKB dan dilaporkan ke guru inti, dibentuk dalam softcopy dan hardcopy.
Khusus untuk penerima diklat, berikut kami berikan teladan lk 3 untuk jenjang SD dan Sekolah Menengah Pertama tahun 2019.
Contoh LK-3 Desain Pembelajaran Jenjang SD
IN-2
LK-3. FORMAT DESAIN PEMBELAJARAN BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN
Perumusan acara dibagi ke dalam beberapa pertemuan, diubahsuaikan dengan kebutuhan konten materi yang disajikan.
Tujuan Pembelajaran: Menjelaskan pengertian energi, mengidentifikasi bentuk-bentuk energi, menjelaskan sumber energi alternatif.
1. Pertemuan/Pembelajaran Unit Ke-1:
No | IPK Pengetahuan | IPK Keterampilan | Kegiatan Pembelajaran | Sumber Belajar/Media | Penilaian |
1. | 3.5.1 Menyebutkan pengertian energi 3.5.2 Mengidentifikasi bentuk-bentuk energi 3.5.3 Mengidentifikasi perubahan energi 3.5.5 Mengidentifikasi banyak sekali sumber energi alternatif | 4.54.5.1 meMelakukan percobaan perubahan energi 4.54.5.2 meMenyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran info perihal banyak sekali perubahan bentuk energi | Pendahuluan: Guru memulai acara pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan, tawaran membaca buku dan aktifitas berguru lainnya yang mengarah pada persiapan pemecahan masalah. | Buku Pegangan Siswa K-13 Kelas IV | Sikap: Lembar observasi siswa Pengetahuan: Pengerjaan LKS Keterampilan Unjuk Kerja |
Inti: Guru membagi penerima didik ke dalam kelompok Setiap kelompok diberikan LKPD yang harus dikerjakan Guru memfasilitasi pada penerima didik untuk mendiskusikan hasil acara pada kelompok Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya | |||||
Penutup: Guru dan siswa gotong royong menyimpulkan hasil pembelajaran |
Contoh LK-3 Desain Pembelajaran SMP
LK-3. FORMAT DESAIN PEMBELAJARAN BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN
Perumusan acara dibagi ke dalam beberapa pertemuan, diubahsuaikan dengan kebutuhan konten materi yang disajikan.
Tujuan Pembelajaran: sanggup menjelaskan tiga komponen keterampilan proses/metode ilmiah penyelidikan IPA (pengamatan, inferensi, dan komunikasi) menurut kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan
1. Pertemuan/Pembelajaran Unit Ke-1:
No | IPK Pengetahuan | IPK Keterampilan | Kegiatan Pembelajaran | Sumber Belajar/Media | Penilaian |
3.1. Menerapkan konsep pengukuran banyak sekali besaran yang ada pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar, serta pentingnya penggunaan satuan standar (baku) dalam pengukuran. | 4.1. Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan memakai satuan tak baku dan satuan baku. | Pendahuluan: Untuk memotivasi penerima didik, sanggup ditampilkan banyak sekali macam objek IPA, menyerupai kekayaan alam berupa keaneragaman tanaman dan fauna serta banyak sekali produk IPA, menyerupai jagung hibrida, rekayasa genetika, komputer, HP, dan banyak sekali hasil dari kecanggihan teknologi yang sanggup disajikan melalui video singkat. | 1. Media / Alat Pembelajaran Komputer, LCD, Lingkungan 2. Sumber Belajar Buku Guru dan Buku Siswa ’Ilmu Pengetahuan Alam’, Cetakan Ke-3, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku tumpuan lain yang relevan Internet | Sikap: Lembar observasi siswa Pengetahuan: Pengerjaan LKS Keterampilan Unjuk Kerja | |
Inti: 1. Peserta Didik diminta melaksanakan acara kedua, yakni “Kerja dalam IPA”. Kegiatan tersebut dilakukan untuk melatih Peserta Didik dalam menciptakan prediksi dan menguji prediksi. 2. Guru menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah yang harus dipakai pada setiap penyelidikan IPA, yakni pengamatan, menciptakan inferensi, dan mengomunikasikan. 3. Bersama Peserta Didik, guru menyebutkan banyak sekali objek IPA serta kegunaan mempelajari IPA dalam kehidupan. | |||||
Penutup: Guru melaksanakan review bersama Peserta Didik berkaitan dengan materi yang diajarkan. Pada kesempatan ini sanggup dilakukan acara tanya jawab. |
Belum ada Komentar untuk "✔ Lk-3 Desain Pembelajaran Berbasis Zonasi Jenjang Sd Dan Smp Pkp Tahun 2019"
Posting Komentar