✔ Lk-6 Telaah Rpp Jenjang Smp Tagihan In3 Diklat Pkp 2019
Guru yang sedang mengikuti diklat niscaya sangat membutuhkan Contoh untuk bisa menciptakan laporan lembar kerja (lk) 6 telaah RPP PKP Sekolah Menengah Pertama berbasis Zonasi tahun 2019.
Lk-6 yakni salah satu kiprah guru yang membahas bagaimana cara mereview dan menelaah rencana pelaksanaan pembelajaran K13, dimana nantinya akan di unggah ke LMS Pkb dan dilaporkan ke guru inti berupa sebuah makalah.
Sebagai refferensi dibawah ini kami berikan rujukan telaah rpp yang telah tersusun rapi dalam laporan lk-6 tingkat Sekolah Menengah Pertama mata pelajaran bahasa inggris kelas 9 sebagai kiprah guru akseptor diklat PKP 2019 berikut :
Contoh Lk-6 Reviu / Telaah RPP Sekolah Menengah Pertama 2019
IN-3
A. Tujuan
Peserta menemukan kekurangan dan kelebihan dari RPP yang telah dirancang dan melaksanakan perbaikan terhadap RPP bila menemukan kekurangan dari hasil tinjauan RPP tersebut.
B. Petunjuk
1. Peserta dibagi dalam kelompok dengan jumlah anggota maksimal 4 orang dan saling bertukar RPP antara satu kelompok ke kelompok lain menurut pembagian dari Guru Inti untuk melaksanakan reviu RPP dengan memakai LK-6.
2. Peserta menunjukkan saran perbaikan dan mendiskusikan dengan Guru Inti terkait RPP yang di-reviu
3. Peserta melaksanakan perbaikan RPP menurut hasil reviu LK-6
LK-6 REVIU RPP
Nama Penyusun RPP :Mat Lekat, S.Pd
Nama Penelaah RPP :Sanum, S.Pd
FORMAT TELAAH RPP
A. Tujuan
Peserta menemukan kekurangan dan kelebihan dari RPP yang telah dirancang dan melaksanakan perbaikan terhadap RPP bila menemukan kekurangan dari hasil tinjauan RPP tersebut.
B. Petunjuk
1. Peserta dibagi dalam kelompok dengan jumlah anggota maksimal 4 orang dan saling bertukar RPP antara satu kelompok ke kelompok lain menurut pembagian dari Guru Inti untuk melaksanakan reviu RPP dengan memakai LK-6.
2. Peserta menunjukkan saran perbaikan dan mendiskusikan dengan Guru Inti terkait RPP yang di-reviu
3. Peserta melaksanakan perbaikan RPP menurut hasil reviu LK-6
LK-6 REVIU RPP
Nama Penyusun RPP :Mat Lekat, S.Pd
Nama Penelaah RPP :Sanum, S.Pd
FORMAT TELAAH RPP
No. | Komponen | Indikator | Hasil Penilaian / Saran tindak lanjut |
A. | Identitas Mata Pelajaran/ Tema | 1. Menuliskan nama sekolah. 2. Menuliskan matapelajaran. 3. Menuliskan kelas dan semester. 4. Menuliskan alokasi waktu. | Ada Ada Ada Ada |
B. | Kompetensi Inti | Menuliskan KI dengan lengkap dan benar. | ada |
C. | Kompetensi Dasar | Menuliskan KD dengan lengkap dan benar. | ada |
D. | Indikator Pencap aian Kompetensi | 1. Merumuskan indicator yang meliputi kompetensi pengetahuan, keterampilan,dan perilaku sesuai dengan KD. 2. Menggunakan kata kerja Operasional relevan dengan KD yang dikembangkan. | Ada Ada |
No. | Komponen | Indikator | Hasil Penilaian / Saran tindak lanjut |
3. Merumuskan indicator yang cukup sebagai penanda ketercapaian KD. | ada | ||
E | Nilai Karakter | 1. Menuliskan nilai-nilai huruf yang akan dimunculkan dalam pembelajaran 2. Butir huruf yang dituliskan yakni butir karakter operasional | Ada Ada |
F | Tujuan Pembelajaran | 1. Tujuan pembelajaran dirumuskan satu atau lebih untuk setiap indicator pencapaian kompetensi. 2. Tujuan pembelajaran mengandung unsur:audience(A), behavior(B), condition(C), dan degree(D). 3. Tujuan pembelajaran dirumuskan untuk satu pencapaian KD. | Ada Ada Ada |
G. | Materi Pembelajaran | 1. Memilih materi pembelajaran reguler,remedial dan pengayaan sesuai dengan kompetensi yang dikembangkan. 2. Cakupan materi pembelajaran reguler,remedial,dan pengayaan sesuai dengan tuntutan KD, ketersediaan waktu,dan perkembangan peserta didik. 3. Kedalaman materi kemampuan peserta didik. | Ada Ada Ada |
H. | Metode Pembelajaran | 1. Menerapkan satu atau lebih metode pembelajaran. 2. Metode pembelajaran yang dipilih yakni pembelajaran aktif yang efektif dan efisien memfasilitasi peserta didik mencapai indikator- indicator KD beserta kecakapan era 21. | Ada Ada |
No. | Komponen | Indikator | Hasil Penilaian / Saran tindak lanjut |
I. | Media dan Bahan | 1. Memanfaatkan media sesuai dengan indikator, karakteristik akseptor didik dan kondisi sekolah. 2. Memanfaatkan materi sesuai dengan indikator, karakteristik akseptor didik dan kondisi sekolah 3. Memanfaatkan media untuk mewujudkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik atau model memadai. 4. Memanfaatkan materi untuk mewujudkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik atau model memadai. 5. Memilih media untuk menyampai kan pesan yang menarik, variatif,dan sesuaidengan indikator pencapai | Ada Ada Ada Ada Ada |
J | Sumber Belajar | 1. Memanfaatkan lingkungan alam dan/atau sosial. 2. Menggunakan buku teks pelajaran dari pemerintah (Buku Peserta didik dan Buku Guru). 3. Merujuk materi-materi yang diperoleh melalui perpustakaan. 4. Menggunakan TIK/merujuk alamatweb tertentu sebagai sumber belajar. | Ada Ada Ada Ada |
K | Penilaian | 1. Mencantumkan teknik, bentuk, dan rujukan instrument evaluasi pada ranah sikap, pengetahuan,dan keterampilan sesuai dengan indikator. 2. Menyusun sampel butir instrumen penilaian sesuai kaidah pengembangan instrumen 3. Mengembangkan pedoman penskoran (termasuk rubrik) sesuai dengan instrumen. | Ada Ada Ada |
No. | Komponen | Indikator | Hasil Penilaian / Saran tindak lanjut |
L | Pembelajaran Remedial | 1. Merumuskan kegiatan pembelajaran remedial yang sesuai dengan karakteristik akseptor didik, alokasi waktu,sarana dan media pembelajaran. 2. Menuliskan salah satu atau lebih acara kegiatan pembelajaran remedial,berupa: · pembelajaran ulang, · bimbingan perorangan | Ada Ada |
M | Pembelajaran Pengayaan | Merumuskan kegiatan pembelajaran pengayaan yang sesuai dengan karakteristik akseptor didik,alokasi waktu,sarana dan media pembelajaran. | Ada |
N | Bahan Ajar | Menguraikan materi bimbing sesuai dengan KD | ada |
R-6. REVIU RPP
Tujuan:
Rubrik ini dipakai Guru Inti untuk menilai hasil telaah RPP oleh peserta
A. Langkah-langkah evaluasi hasil kajian:
1. Cermati kiprah yang diberikan kepada akseptor Pembekalan pada LK-6!
2. Berikan nilai pada hasil kajian menurut evaluasi Anda terhadap hasil kerja akseptor sesuai rubrik berikut!
B. Kegiatan Praktik
1. Memberikan evaluasi identitas mata pelajaran/tema sesuai kriteria
2. Memberikan evaluasi kompetensi inti sesuai kriteria
3. Memberikan evaluasi kompetensi dasar sesuai kriteria
4. Memberikan evaluasi IPK sesuai kriteria
5. Memberikan evaluasi nilai huruf sesuai kriteria
6. Memberikan evaluasi tujuan pembelajaran sesuai kriteria
7. Memberikan evaluasi materi pembelajaran sesuai kriteria
8. Memberikan evaluasi Metode Pembelajaran sesuai kriteria
9. Memberikan evaluasi Media dan Bahan Pembelajaran sesuai kriteria
10. Memberikan evaluasi sumber berguru sesuai kriteria
11. Memberikan evaluasi penilaian sesuai kriteria
Rubrik Penilaian:
Nilai | Rubrik |
90 < nilai £ 100 | Sebelas aspek sesuai dengan kriteria |
80 < nilai £ 90 | Sepuluh aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai |
70 < nilai £ 80 | Sembilan aspek sesuai dengan kriteria dua aspek kurang sesuai |
60 < nilai £ 70 | Tujuh aspek sesuai dengan kriteria,empat aspek kurang sesuai |
<60 | Lima aspek sesuai dengan kriteria, enam aspek kurang sesuai |
Download Lk-6 PKP Jenjang Sekolah Menengah Pertama 2019 format doc, Disini
Demikian info kami ihwal rujukan kiprah diklat berupa lembar kerja (LK) sebagai kiprah akseptor diklat PKP 2019 yang bisa guru-baik.com berikan, Semoga bermanfaat.
Belum ada Komentar untuk "✔ Lk-6 Telaah Rpp Jenjang Smp Tagihan In3 Diklat Pkp 2019"
Posting Komentar