Terbaru - Penjelasan Ekonomi Mikro Para Ahli, Peran, Teori, Dan Tujuan Ekonomi

Penjelasan Ekonomi Mikro Para Ahli , Peran Teori, dan Tujuan Ekonomi - Pengertian Ekonomi Mikro - Apa itu ekonomi mikro? Pengertian ekonomi mikro adalah ilmu ekonomi yang khusus mempelajari sikap konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang dan jasa yang diperjual-belikan
.
Ekonomi Mikro memperlihatkan pemahaman bagaimana berbagai keputusan dan perilaku individu dan faktor terkecil dalam ekonomi tersebut memengaruhi penawaran dan ajakan atas barang dan jasa, yang akan menentukan harga; dan bagaimana harga, pada gilirannya, menentukan penawaran dan usul barang dan jasa selanjutnya.

Ekonomi mikro atau mikroekonomi secara langsung berpengaruh terhadap pengambilan keputusan dalam hal penawaran dan permintaan barang atau jasa. Sehingga dari definisi ekonomi mikro tersebut mempunyai tujuan utama bagi perusahaan yakni untuk menganalisis pasar dan bagaimana mekanismenya untuk membentuk harga relatif produk dan jasa.




Beberapa aspek analisis dalam ekonomi mikro adalah:
· Analisis biaya dan manfaat
· Teori permintaan dan penawaran
· Elastisitas
· Model-model pasar
· Industri
· Teori produksi
· Teori harga

Adanya tugas ekonomi mikro dalam bisnis dapat membantu menganalisis kegagalan pasar dan menjelaskan secara teoritis kondisi dalam pasar persaingan tepat.

Peran Ekonomi Mikro Dalam Bisnis

Dari komponen-komponen utama tersebut, sehingga ekonomi mikro sebagai teori di pasar berpengaruh terhadap perusahaan. Beberapa peran ekonomi mikro dalam bisnis atau perusahaan diantaranya:

1. Merumuskan Kebijakan

Ekonomi mikro bisa menjadi dasar untuk merumuskan kebijakan perusahaan terkait dengan harga dan upah dalam pengelolaan sumber daya. Dengan adanya teori ekonomi mikro bisa dijadikan sumber gosip untuk mempelajari interaksi di pasar dan bagaimana campur tangan pemerintah sehingga dapat membentuk kebijakan perusahaan yang strategis dan inovatif.

2. Menyusun Prediksi

Dari pengertian ekonomi mikro sudah dijelaskan yakni sebagai sumber informasi interaksi di pasar. Sehingga dengan adanya ekonomi mikro maka perusahaan dapat menyusun strategi atau prediksi untuk kedepannya.

Ekonomi mikro bisa membantu memprediksi kemungkinan yang akan terjadi di pasar, contohnya dalam hal ekspresi dominan produk.

3. Memahami Perilaku Konsumen

Melalui ekonomi mikro, maka secara tidak pribadi perusahaan mampu memahami bagaimana kebutuhan konsumen. Tentu saja ini akan kuat terhadap kemampuan produk atau jasa bisa bertahan di pasar.

4. Mengetahui Perputaran Barang

Ekonomi mikro bisa menjadi alat untuk mengetahui perputaran produk. Jika ingin bertahan di pasar, maka perusahaan harus mengawasi produk yang dijual tetap berada dijalurnya tujuannya untuk menghindari kecurangan dari pesaing.

5. Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Produktivitas perusahaan dapat tercapai dengan dorongan berbagai aspek seperti SDM yang berkualitas, produk yang terjamin kualitasnya dan lainnya. Sehingga dengan meningkatnya produktivitas bisa meningkatkan keuntungan perusahaan secara maksimal.

Tujuan Ekonomi Mikro

Salah satu tujuan ekonomi mikro ialah menganalisis pasar beserta mekanismenya yang membentuk harga relatif kepada produk dan jasa, serta alokasi dari sumber terbatas di antara banyak penggunaan alternatif. Ekonomi mikro menganalisis kegagalan pasar, yaitu dikala pasar gagal dalam memproduksi hasil yang efisien; serta menjelaskan banyak sekali kondisi teoretis yang diperlukan bagi suatu pasar persaingan tepat.

Bidang-bidang penelitian yang penting dalam ekonomi mikro, meliputi pembahasan mengenai keseimbangan umum (general equilibrium), keadaan pasar dalam berita asimetris, pilihan dalam situasi ketidakpastian, serta berbagai aplikasi ekonomi dari teori permainan. Juga menerima perhatian ialah pembahasan mengenai elastisitas produk dalam sistem pasar.

Ahli Pakar Ekonomi Mikro

Beberapa mahir di bidang ilmu ekonomi pernah menjelaskan wacana pengertian ekonomi mikro, diantaranya:

1. Adam Smith

Menurut Adam Smith, ekonomi mikro yaitu subjek ekonomi yang selalu bersifat ekonomis rasional. Hal ini mengakibatkan para pelaku ekonomi harus mempertimbangkan hal-hal rasional sebelum membuat keputusan.

2. David Ricardo

Menurut David Ricardo pengertian ekonomi mikro adalah suatu kondisi dimana para pelaku ekonomi telah mempunyai info wacana seluk beluk sebuah pasar. Dengan begitu ekonomi makro merupakan faktor penentu dari pasa ekonomi global.

3. Marshal dan Piqou

Menurut Marshal dan Piqou, pengertian ekonomi mikro ialah tingkat mobilitas yang tinggi dalam pasar sehingga membuat para pelaku ekonomi mampu pribadi beradaptasi atau menyesuaikan perubahan-perubahan yang ada di pasar.

4. N. G. Mankiw

Menurut N. G. Mankiw pengertian ekonomi mikro ialah ilmu yang membahas perihal peran individu-individu pelaku ekonomi, bagaimana rumah tanggan dan perusahaan menciptakan keputusan, dan bagaimana mereka berinteraksi di dalam pasar tertentu.

5. Sadono Sukirno

Menurut Sadono Sukirno pengertian ekonomi mikro adalah cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang, dan jasa yang diperjual-belikan.

Ekonomi mikro ini menganalisis bagaimana berbagai keputusan dan perilaku tersebut mempengaruhi penawaran dan usul atas barang dan jasa yang akan memilih harga, menentukan penawaran dan seruan barang dan jasa selanjutnya.


Teori Ekonomi Mikro

Setelah memahami pengertian ekonomi mikro dan tujuannya, tentunya kita juga perlu mengetahui apa saja yang dianalisis dalam mikro ekonomi. Analisis ekonomi mikro atau mikroekonomi terbagi menjadi tiga, diantaranya adalah:

1. Teori Harga

Harga digunakan sebagai dasar untuk menganalisis interaksi antara penawaran dan permintaan barang atau jasa yang ada dalam pasar serta faktor yang dapat mempengaruhinya. Analisis dilakukan terhadap:
  • Proses pembentukan harga
  • Faktor-faktor yang mampu mensugesti perubahan ajakan dan penawaran
  • Hubungan antara harga permintaan dan penawaran
  • Bentuk-bentuk pasar
  • Konsep elastisitas seruan dan penawaran

2. Teori Produksi

Teori produksi juga digunakan sebagai dasar untuk melakukan analisis biaya produksi dan tingkat dari produksi. Analisis dilakukan terhadap:
Semua yang berhubungan dengan biaya produksi barang dan jasa
Tingkat produksi yang paling menguntungkan bagi produsen
Kombinasi dari faktor produksi yang harus dipilih oleh produsen untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal

3. Teori Distribusi

Teori distribusi tujuannya ialah untuk melaksanakan analisis ekonomi mikro terkait dengan upah tenaga kerja, besarnya bunga yang harus dibayarkan kepada pemilik modal, dan besarnya laba yang didapatkan oleh produsen.


Demikian klarifikasi singkat ihwal Penjelasan Ekonomi Mikro Para Ahli , Peran Teori, dan Tujuan Ekonomi , semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Terbaru - Penjelasan Ekonomi Mikro Para Ahli, Peran, Teori, Dan Tujuan Ekonomi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel