Terbaru - Soal Osn Ipa Smp Tahun 2020 Tingkat Nasional (No 26 - 40 )

DOWNLOAD
26. Pada suhu 0°C sebuah termometer X memperlihatkan nilai 16 dan pada suhu 100 °C termometer X menawarkan nilai 196. Termometer X akan menawarkan nilai yang sama dengan termometer Celcius pada suhu .
A. - 6 ⁰C
B. - 12 ⁰C
C.  - 20 ⁰C
D. -26 ⁰C

27. Es bersuhu -10 °C dan bermassa 30 gram dicelupkan ke dalam air bersuhu 25 °C dan bervolume 190 ml. Diketahui masa jenis air 1 kg/liter. kalor jenis air 1 kal/g °C, kalor jenis es 0,5 kal/g °C, dan kalor lebur es 80 kal/g. Setelah tercapai kesetimbangan suhu gabungan adalah .
A. -5 °C
B. 0 °C
C. 5 °C
D. 10 °C

28. Sepotong es bermasa 120 uam pada temperatur 0 °C dan tekanan udara 1 atm dimasukkan ke dalam suatu pemanas. Diamati bahwa dalam selang waktu 3 detik semua es sempurna melebur. Jika pada tekanan udara tetap 1 atm air bermasa 250 gram pada temperatur 20 °C dimasukkan ke pemanas itu. maka temperaturnya naik menjadi 60 °C dalam selang waktu. (Diketahui kalor laten es 80 kal.g-i dan kalor jenis air 1 kal.g-1.°C-1.)
A. 11.526 detik
B. 6.504 detik
C. 3.125 detik
D. 2,880 detik

29. Orang sanggup membedakan bunyi orisinil dan gemanya bila ada jeda waktu minimal 0,1 detik antara bunyi orisinil dan gemanya. Seseorang berdiri di depan suatu tebing yang lebar dan
lalu berteriak. Jika kelajuan bunvi di udara 344 m/s dan orang tersebut mendengar gema teriakannya dengan terang, maka jarak minimum tebing dari orang yakni
A. 5,2 meter
B. 12,2 meter
C. 17,2 meter
D. 24.2 meter

30. Frekuensi getaran sebuah benda yang massanya m oleh pegas yang konstanta pegasnya k sama dengan frekuensi ayunan bandul yang panjang talinya / di kawasan yang percepatan gravitasinya g. Dinyatakan dalam k, I dan g, massa benda tersebut yaitu .
A. kl/g
B. gl/k
C. l/gk
D. k/gl

31. Pegas dengan konstanta pegas 1000 N/m, salah satu ujungnya terikat sementara ujung lainnya diberi beban 0,4 kg. Beban ditarik kemudian dilepas sehingga sistem berosilasi. Frekuensi osilasi sistem tersebut yaitu .
A. 50 Hz
B. 50/𝜋 Hz
C. 25 Hz
D. 25/𝜋 Hz

32. Sebuah pegas yang digantungkan vertikal meregang sepanjamz 6 cm jikalau diberi beban 30 gram. Anggap percepatan uavitasi bumi 10 m/s². Jika massa beban di2anti menjadi 50 gram, kemudian sistem pegas ini digetarkan dengan simpangan kecil, periode getarnya yakni .
A. 0,20𝜋 detik
B. 0,24𝜋 detik
C. 0,36𝜋 detik
D. 0,72𝜋 detik

33. Suara mesin sebuah pesawat terbang merambat sebagai gelombang bunyi di udara dengan frekuensi f. Pesawat itu bergerak dengan kelajuan 0.5 v₀, dengan v₀ yakni kelajuan bunyi di udara. Bagi pengamat di arah depan pesawat, dua gelombang bunyi berurutan yang berasal dari pesawat datang dengan selang waktu
A. 2,0f ¹ detik
B. 1,5f ¹ detik
C. f¹ detik
D. 0,5 f¹ detik

34. Pada pembentukan bayangan oleh lensa terdapat kemungkinan terjadinv a cacat optik seperti aberasi dan atau distorsi. Aberasi koma terjadi lantaran
A. Berkas sejajar sinar datang tidak paraksial
B. Berkas sinar datang tidalc merupakan berkas sinar sejajar
C. Berkas sejajar sinar datang tidak sejajar sumbu utama lensa
D. Berkas sinar datang ialah polikromatik

35. Pada suatu percobaan, suatu materi disinari dari udara dengan berbagai sudut tiba dan diamati jejak sinar yang dipantulkan dan yang dibiaskan. Saat sudut tiba 30°, sinar yang dipantulkan tegak lurus terhadap sinar yang dibiaskan. Dari data tersebut, diperoleh indeks bias bahan yakni...

36. Dua buah lensa konvergen identik disusun secara berurutan. Jarak antara kedua lensa yaitu
dengan f ialah panjang fokus lensa. Sebuah benda ditaruh pada jarak X di depan lensa pertama. Jika bayangan benda terbentuk pada jarak X di belakang lensa kedua, maka X sama dengan .

37. Sebuah partikel bermassa 5 gram dan bermuatan listrik 100 e (e = 1,6 x 10 -19 coulomb) digantung dalam ruang bermedan listrik seolah-olah pada gambar di samping ini. 
 Terus berbagi soal soal olimpiade disemua jenjang pendidikan Terbaru -  Soal OSN IPA SMP Tahun 2020 Tingkat Nasional (No 26 - 40 )

Bila percepatan gravitasi 10 m/det2, maka dalam keadaan seimbang, besar medan listrik tersebut yakni
 Terus berbagi soal soal olimpiade disemua jenjang pendidikan Terbaru -  Soal OSN IPA SMP Tahun 2020 Tingkat Nasional (No 26 - 40 )

38. Ion bermuatan negatif bergerak dengan kecepatan v dan memasuki ruang dengan medan magnet tegak lurus arah gerak ion. Akibatnya ion akan.
A. dipercepat geraknya
B. dibelokican arah geraknva
C. diperlambat geraknya
D. diam

39. Medan listrik yang ditimbulkan oleh silinder yang sangat panjang dan bermuatan listrik yang tersebar serba sama .
A. arahnya bergantung pada besar muatan
B. besarnya bergantung pada jenis muatan
C. besar dan arahnya bergantung pada besar dan jenis muatan
D. besar dan arahnya tidak bergantung pada besar dan jenis muatan

40. Sebuah kompas ditempatkan secara mendatar. Di atas kompas tersebut terdapat kawat lurus mendatar yang membawa arus listrik dari selatan ke utara. dan di sisi sebelah timer kompas tersebut terdapat kawat lurus vertikal yamg membawa arus listrik dart bawah ke atas. Jika medan magnet dari kedua kawat yang dirasakan oleh jarum kompas sama besarnya. dan medan magnet bumi sanggup diabaikan. maka kutub utara jarum kompas akan menunjuk ke arah
A. Timor taut
B. Tenggara
C. Barat Taut
D. Barat daya

Belum ada Komentar untuk "Terbaru - Soal Osn Ipa Smp Tahun 2020 Tingkat Nasional (No 26 - 40 )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel