Terbaru - Berikut Ini Hal- Hal Penting Mengenai Pendaftaran Sbmptn Yang Harus Kamu Ketahui

Seleksi masuk perguruan tinggi tinggi mampu ditempuh dalam beberapa jalur yaitu melalui jalur usul atau yang sering disebut dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Pelaksanaan pendaftaran untuk SBMPTN akan dimulai sesudah registrasi SNMPTN dan Ujian Nasional. 
Bagi kamu yang minat mendaftar ke sekolah tinggi tinggi negeri melalui SBMPTN masa rehat sesudah UN inilah yang paling penting untuk mempersiapkan pelaksanaan Ujian SBMPTN. Dan berikut ini beberapa hal penting yang bisa kamu perhatikan mengenai pendaftaran SBMPTN.  
#Jadwal SBMPTN
 Seleksi masuk perguruan tinggi dapat ditempuh dalam beberapa jalur yaitu melalui jalur un Terbaru -  Berikut Ini Hal- hal Penting Mengenai Pendaftaran SBMPTN Yang Harus Kamu KetahuiPelaksanaan tes untuk SBMPTN akan dilaksanakan melalui ujian tertulis yang terdiri dari Paper Based Testing (PBT) dan Computer Based Testing (CBT). 
Pendaftaran SBMPTN dilakukan melalui sistem online. Perlu diingat sebelum kau mendaftar, silahkan pelajari dulu tata cara pendaftarannya melalui http://registrasi.sbmptn.ac.id dan perihal tata cara pengisian bisa kau download mulai tanggal 18 April 2020 melalui laman http://download.sbmptn.ac.id
Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa pendaftaran SBMPTN melalui ujian tertulis (PBT) dan ujian komputer (CBT). Pendaftaran online Paper Based Testing (PBT) maupun Computer Based Testing (CBT) akan dibuka dari tanggal 25 April 2020 pukul 08.00 WIB hingga dengan 20 Mei 2020 pukul 22.00 WIB. Pilihlah waktu yang sempurna untuk mendaftar biar proses pendaftaranmu berjalan lancar tanpa hambatan.
Untuk pelaksanaan ujiannya, ibarat dikutip dari situs resmi SBMPTN, Ujian tertulis baik untuk Paper Based Testing (PBT) maupun Computer Based Testing (CBT) dilaksanakan secara serentak pada tanggal 31 Mei 2020 sedang untuk Ujian  Keterampilan dilaksanakan pada hari Rabu dan/atau Kamis, tanggal 1 dan/atau 2 Juni 2020.
Pengumuman hasil seleksi akan dilakukan secara online melalui laman http://www.sbmptn.ac.id. pada tanggal 28 Juni 2020 mulai pukul 17.00 WIB.
#Kelompok Program Studi
Kelompok ujian dalam SBMPTN akan dibagi menjadi tiga kelompok yaitu kelompok ujian saintek, kelompok ujian soshum, dan kelompok ujian adonan. Kamu bisa memilih program studi maksimal program studi dengan ketentuan : 
  1. Bila program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, maka kau harus mengikuti kelompok ujian Saintek.
  2. Bila program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, maka kamu harus mengikuti kelompok ujian Soshum.
  3. Bila jadwal studi yang dipilih terdiri dari kelompok Saintek dan Soshum, maka kamu harus mengikuti kelompok ujian Campuran.
Perhatikan juga ya, urutan dalam pemilihan program studi akan menyatakan prioritas pilihan dan peserta ujian yang hanya menentukan 1 (satu) program studi dapat memilih acara studi di Perguruan Tinggi Negeri manapun. Bagi Peserta ujian yang memilih 2 (dua) acara studi atau lebih, salah satu pilihan aktivitas studi tersebut harus di PTN yang berada dalam satu wilayah registrasi dengan kawasan penerima mengikuti ujian. Sementara itu untuk pilihan jadwal studi yang lain sanggup di Perguruan Tinggi Negeri di luar wilayah pendaftaran tempat penerima mengikuti ujian.
#Materi Ujian

Materi ujian untuk kelompok saintek yakni Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) dan TKD Saintek, yang terdiri atas mapel uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika. Sedangkan materi ujian untuk kelompok ujian soshum adalah Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) dan TKD Soshum yang terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi. Bagi kelompok gabungan maka materi ujian meliputi TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum. Setiap penerima dapat mengikuti kelompok ujian Saintek, Soshum, atau Campuran. Namun khusus untuk penerima CBT hanya dibolehkan mengikuti kelompok ujian Saintek saja atau kelompok ujian Soshum saja.
Dan bagi kamu yang menentukan agenda studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan, maka harus mengikuti ujian keterampilan. Untuk jadwal bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang Ilmu Seni yang terkait sedangkan unt
uk bidang Ilmu Keolahragaan  terdiri atas pemeriksaan kesehatan dan tes keterampilan motorik. Untuk ujian keterampilan, peserta bisa mengikuti ujian di PTN terdekat yang sesuai dengan pilihan program studi. Untuk daftar PTN kamu bisa melihat melalui laman resmi SBMPTN.

Nah, berkaitan dengan info penting diatas tentunya persiapan ialah hal utama yang harus kau lakukan dalam menghadapi ujian SBMPTN. Pelajarilah materi soal- soal tahun sebelumnya alasannya kemungkinan polanya akan sama setiap tahunnya. Selain itu sering- seringlah ikut tryout yang banyak diselenggarakan. Dengan mengikuti tryout kau akan dapat mengukur kemampuanmu.
Akhir kata, semoga informasi diatas bisa memperlihatkan manfaat bagi kamu semua yang sedang menghadapi SBMPTN. Semoga sukses.
Salam. 
Disarikan dari http://www.sbmptn.or.id/







Belum ada Komentar untuk "Terbaru - Berikut Ini Hal- Hal Penting Mengenai Pendaftaran Sbmptn Yang Harus Kamu Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel