✔ Pola Lk 7 Jurnal Praktek Mengajar Sd
Setiap guru akseptor diklat membutuhkan pola lk 7 jurnal praktek mengajar, semoga sanggup dijadikan refferensi dan panduan pembuatan laporan PKP berbasis zonasi ini.
laporan ini harus dilaporkan dengan diunggah ke lms pkp yang isinya memuat pembelajaran periode 21 (HOTS, literasi, 4C dan PPK), yang dibentuk dalam softcopy dan hardcopy.
Jurnal mengajar ini berasal dari salah seorang guru wali kelas SD kelas 4 sebagai akseptor diklat PKP tahun 2019, Untuk bapak/ibu guru wali kelas lainnya, berikut kami berikan pola lk7 silahkan gunakan refferensi saja.
Format lembar kerja (LK 7) jurnal praktek mengajar guru SD ini berisi aspek pembelajaran, deskripsi aktivitas dan dokumentasi.
Baca juga :
- LK.1 Konsep HOTS
- LK.2 Analisis Unit Pembelajaran
- LK-3 Desain Pembelajaran
- LK-4 Penyusunan RPP
- LK-5 Pengembangan RPP
- LK-6 Telaah RPP
- LK-8 Format Catatan Refleksi
- LK-9 Laporan Best Practice
Contoh LK 7 Jurnal Praktek mengajar
Aspek Praktek Pembelajaran | Deskripsi | Dokumentasi | ||
Kegiatan Pendahuluan | ◼ Guru memperlihatkan salam dan mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing. Religius ◼ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan menyidik kerapihan pakaian, posisi dan daerah duduk diadaptasi dengan aktivitas pembelajaran. ◼ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yakni ihwal ”Selalu Berhemat Energi”. ◼ Guru memberikan tahapan aktivitas yang mencakup aktivitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. ◼ Menyanyikan lagu Indonesia Raya Nasionalis Guru melaksanakan tanya jawab ihwal pengertian energi | |||
Kegiatan Inti | ||||
1 | Proses Saintifik (5M) | ▪ Bagaimana cara kipas angin sanggup berputar? (Menanya) ▪ Siswa yang mengacungkan tangan diminta untuk mempraktikkan cara untuk menyalakan kipas tersebut. Mandiri ▪ Siswa menciptakan kincir berdasarkan arahan di buku. Siswa mengamati teks visual dan intruksi yang ada di buku siswa. Guru memotivasi siswa untuk membaca dengan cermat teks yang ada. Guru meminta siswa untuk saling menceritakan isi teks kepada temannya. Guru berkeliling dan menciptakan catatan bagi siswa yang masih kesulitan memahami gagasan dari teks yang dibacanya. (Mengekplorasi) | ||
2 | Aktivitas Pembelajaran HOTS | |||
a. | Transfer Knowledge | ▪ Siswa mempresentasikan hasil diskusi (perwakilan). | ||
b. | Critical Thinking, Creativity | ▪ Siswa menuliskan hasil diskusi pada lembar kertas yang telah tersedia kemudian ditempelkan pada dindng (windowshowpee) kemudian siswa dari kelompok lain mengamati dan memperlihatkan tanda bintang pada hasil diskusi yang berbeda. Creativity and Innovation | ||
c. | Problem Solving | ▪ Siswa melaksanakan percobaan memakai tiupan angin untuk kincir kertas. Critical Thinking and Problem Solving | ||
3 | Kecakapan Abad 21 (PPK, Literasi, | ▪ Siswa kemudian membaca teks singkat ihwal bacaan macam-macam sumber energi. Literasi | ||
4 | Dimensi Pengetahuan | ▪ Guru menyajikan media pembelajaran berupa tayangan video ihwal sumber energi alternatif. ▪ Siswa mengamati tayangan tersebut.Siswa tanya jawab dengan guru ihwal tayangan video (hal-hal/ istilah yang belum dipahami) | ||
5 | Pelaksanaan Penilaian | ◼ Melakukan evaluasi hasil belajar | ||
Kegiatan Penutup | ◼ Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil mencar ilmu selama sehari Integritas ◼ Bertanya jawab ihwal bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ◼ Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran) Religius |
Rubrik ini dipakai pengawas untuk menilai hasil praktik pembelajaran peserta.
Langkah-langkah evaluasi hasil kajian:
1. Cermati kiprah yang diberikan kepada akseptor pembekalan pada LK-5!
2. Berikan nilai pada hasil kajian berdasarkan evaluasi anda terhadap hasil kerja akseptor sesuai rubrik berikut!
A. Kegiatan Praktik
1. Praktik aktivitas pendahuluan dilaksanakan dengan baik.
2. Praktik aktivitas inti memperlihatkan pembelajaran berorientasi HOTS.
3. Praktik aktivitas inti memperlihatkan pembelajaran berorientasi HOTS. terintegrasi PPK.
4. Praktik aktivitas inti memperlihatkan pembelajaran berorientasi HOTS.
Terintegrasi keterampilan Abad 21.
5. Praktik aktivitas epilog dilaksanakan dengan baik.
6. Praktik aktivitas dilengkapi dengan penilaian.
Rubrik Penilaian:
Nilai | Rubrik |
90 < nilai £ 100 | Enam aspek sesuai dengan kriteria |
80 < nilai £ 90 | Lima aspek sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai |
70 < nilai £ 80 | Empat sesuai dengan kriteria, lima aspek kurang sesuai |
60 < nilai £ 70 | Tiga sesuai dengan kriteria, tujuh aspek kurang sesuai |
<60 | Dua aspek sesuai dengan kriteria, sepuluh aspek kurang sesuai |
Download pola lk 7 jurnal praktek mengajar PKP Sekolah Menengah Pertama 2019, Disini
Demikian sedikit informasi dan sedikit format dan pola laporan, semoga bermanfaa dan terima kasih.
Belum ada Komentar untuk "✔ Pola Lk 7 Jurnal Praktek Mengajar Sd"
Posting Komentar