Terbaru - Belajar Python: Penggunaa If Dalam Python Bagian 2 Beserta Contohnya

Sebelumnya saya telah memposting tentang penggunaan if dalam python yang mana contoh yang digunakan adalah verifikasi usia pemilu. Kali ini saya akan melanjutkan penggunaan if dalam bentuk yang lebih kompleks lagi. Disini akan dibahas nested if atau biasa disebut sebagai fungsi if yang berada di dalam fungsi if lainnya.  Walaupun terkesan rumit, sebenarnya tidak begitu rumit karena Python menawarkan kemudahan dalam penulisannya.

Dalam contoh penggunaan  nested if akan dibuat program menebak angka. Untuk alurnya akan dijelaskan dibawah:
  1. Pertama-tama kita membuat para audiens untuk menebak angka dari satu sampai sepuluh. 
  2. Kita menyuruh audiens untuk menginput angka tebakannya.
  3. Jawaban benar yang kita buat disini yakni lima.
  4. Oke kini masuk pada alurnya. Masuk pada if pertama.  Jika tebakan para audiens kurang dari 5 maka kita akan menampilkan pesan kepada audiens untuk menebak angka yang lebih tinggi lagi. 
  5. Disini audiens kembali menginput angka tebakannya. Fungsi if berjalan kembali. Jika tebakannya ialah 5 maka disini akan menampilkan pesan "wow kesannya kamu benar". Jika jawabannya salah kita akan menampilkan pesan "ternyata kau kurang beruntung".
  6. Oke sekarang bila tebakan audiens lebih dari 5 (elif) maka juga menampilkan pesan "coba angka lebih rendah lagi". Maka disini audiens disuruh kembali memasukan angka. Lalu sama halnya seakan-akan nomor 5 fungsi if berjalan kembali. Jika tebakan benar maka akan menampilkan pesan "wow ternyata jawaban kamu benar". Jika salah maka menampilkan pesan "tebakanmu masih salah semangat yoo".
  7. Terakhir kalau ternyata langsung benar (else) disini akan menampilkan pesan "sekali nebak bener selamat yah, jawabannya memang 5"
Untuk kodenya sendiri dapat dilihat dibawah. Usahakan tulis sendiri dan jangan copy paste.

Untuk hasil eksekusinya bisa dilihat di gambar bawah:


Belum ada Komentar untuk "Terbaru - Belajar Python: Penggunaa If Dalam Python Bagian 2 Beserta Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel