Terbaru - Strategi Mengajar Untuk Meningkatkan Hots Oleh : Djohan Yoga
Perlu disadari bahwa HOTS bukan sekedar soal ujian semata. Hal ini perlu diluruskan mengingat saat ini ada yang "salah kaprah" sehingga HOTS itu hanya dianggap soal semata apalagi saat ini soal-soal HOTS sudah ada di mana2 mulai dari Test PISA, UN dan mulai tahun depan ada pula di SBMPTN.
HOTS itu adalah sebuah ketrampilan yang harus diasah melalui "proses" pembelajaran sehari hari di kelas. Oleh sebab itu, Strategi Mengajar yang dapat membuatkan HOTS ini sangat dibutuhkan oleh guru. Pengembangan HOTS tidak sanggup "instant" melainkan harus step by step dari LOTS ke MOTS dan kesannya ke HOTS. Berikut ini ada sebuah artikel ihwal 10 Strategi Mengajar untuk meningkatkanvHOTS yang bisa di klik lewat link berikut ini.
Kalangan pendidikan perlu menyadari bahwa pengembangan HOTS lewat proses pembelajaran jauh lebih efektif dari pada lewat Seminar/Workshop "Penyusunan Soal Berbasis HOTS" yang saat ini sgt marak di mana2. Cara2 instant yg digemari dari dulu hingga dikala ini sudah mengambarkan : Hasil yang diperoleh benar2 TIDAK SEBANDING dengan biaya, waktu dan usaha yang telah dilakukan. Kuncinya : Growth Mindset yang meyakini bahwa hasil yg baik hanya bisa diperoleh dari proses yang baik pula. Mendikbud dalam aneka macam kesempatan jg telah meminta guru menyebarkan pembelajaran berbasis HOTS ibarat ada dalam link berikut ini.
Dalam pembelajaran di kelas, HOTS sanggup dikembangkan lewat proses "komunikasi dan kerja sama" (2 dari 4 Ketrampilan Abad ke 21) baik dari guru ke siswa maupun dari siswa ke siswa. Dengan materi yang sama, pembelajaran sanggup diubah dari LOTS ke HOTS, untuk itu diharapkan pertanyaan2 yang sanggup memandu secara efektif pengembangan HOTS itu yang daftar lengkapnya sanggup dilihat di bawah ini.
Salam HOTS
Artikel ini adalah Postingan Bapak Djohan Yoga di Akun Facebook Beliau
Belum ada Komentar untuk "Terbaru - Strategi Mengajar Untuk Meningkatkan Hots Oleh : Djohan Yoga"
Posting Komentar