✔ Rpp K13 Kelas 6 Tema 5 Wirausaha Revisi Terbaru 2018 Semester 1, Free Download Doc (Ms. Word) Dan Pdf
Sahabat guru dimanapun berada pada postingan kali ini kami bagikan rpp k13 kelas 6 tema 5 wirausaha revisi terbaru 2018 semester 1. Yakni sebuah pegangan seorang guru untuk mengajar di dalam kelas 6 dengan tema wirusaha yang dibahas pada bulan ke 4 atau 5. tema ini merupakan tema terakhir yang dibahas pada semester 1 kelas 6 ditahun pemikiran 2018/2019. yang terdiri dari 3 subtema dan setiap sub tema berisikan pembelajaran 1 sampai 6.
rpp kelas 6 tema 5 revisi terbaru merupakan revisi 2018, dan juga rpp yang baik haruslah disusun berdasarkan ketentuan-ketentuan dalam pembuatan / penyusunan rpp berdasarkan kaidah yang telah dituangkan dalam permendikbud.
Berdasarkan hal diatas biar sanggup membantu sahabat guru wali kelas 6 seluruh Indonesia dalam menyusun rpp disini kami bagikan rpp kurikulum 2013 (k13) kelas 6 tema 5 wirausaha revisi terbaru 2018 semester 1.
Untuk mendapat rpp k13 kelas 6 tema 5 wirausaha revisi terbaru 2018 semester 1, silahkan download perangkat pembelajaran lengkap dengan memakai link unduhan yang telah kami sematkan dalam artikel ini. Rpp k13 kelas 6 tema 5 ini kami sediakan dalam dua format yakni doc (Ms. word) dan Pdf.
Contoh Rpp K13 kelas 6 tema 5 wirausaha subtema 3 kerja keras berbuah kesuksesan revisi 2018
NO | KOMPETENSI DASAR (KD) | INDIKATOR |
1 | 3.6 Mencermati petunjuk dan isi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dsb.) | 3.6.1 Mengidentifikasi komponen, tujuan, dan manfaat teks formulir dalam kehidupan sehari-hari. |
2 | 4.6 Mengisi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dll.) sesuai petunjuk pengisiannya. | 4.6.1 Menyajikan hasil pengamatan perihal komponen, tujuan, dan manfaat teks formulir dalam kehidupan sehari-hari. |
NO | KOMPETENSI DASAR (KD) | INDIKATOR |
1 | 3.5 Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari. | 3.5.1 Menjelaskan sifat-sifat magnet. |
2 | 4.5 Membuat laporan hasil percobaan perihal sifat-sifat magnet dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. | 4.5.1 Menyajikan laporan hasil percobaan perihal sifat-sifat magnet. |
- Religius
- Nasionalis
- Mandiri
- Gotong Royong
- Integritas
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | ¡ Guru menunjukkan salam dan mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing. Religius ¡ Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Berkibarlah Benderaku”. Nasionalis ¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan mengusut kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk diubahsuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡ Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yakni tentang ”Wirausaha”. ¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. Communication ¡ Menyanyi lagu Indonesia Raya Nasionalis | 10 menit |
Inti | § Guru bertanya kepada siswa: § Apakah kau pernah melihat atau membeli cendera mata yang terbuat dari magnet? § Siswa diminta mengamati berbagai gambar cendera mata yang terbuat dari materi magnet yang terdapat dalam buku siswa. Mandiri § Siswa diminta menceritakan pengalaman mereka melihat atau membeli cendera mata yang terbuat dari magnet dan menuliskannya di buku. Communication § Siswa diminta mencermati tujuan percobaan, yakni mengidentifikasi sifat-sifat magnet. § Siswa diminta mengamati alat dan bahan. § Siswa kemudian melaksanakan percobaan perihal sifat-sifat magnet berdasarkan instruksi yang terdapat di buku. Creativity and Innovation § Siswa diingatkan untuk mengikuti langkah-langkah percobaan secara tertib. § Ketika siswa melaksanakan percobaan, guru berkeliling untuk mengamati aktivitas siswa sambil mengajukan pertanyaan dan motivasi siswa agar dapat melaksanakan percobaan secara tertib. § Guru meminta siswa bekerja dengan penuh tanggung jawab dan disiplin § Siswa diminta menuliskan laporan berdasarkan percobaan yang mereka lakukan, yang berisi tentang: · tujuan percobaan · alat dan bahan · langkah-langkah percobaan · hasil percobaan · kesimpulan berdasarkan hasil percobaan § Laporan hasil percobaan dinilai dengan daftar periksa § Sebagai penguatan, siswa diminta membaca perihal sifat-sifat magnet yang terdapat dalam buku siswa. § Setelah melaksanakan percobaan, siswa diingatkan untuk merapikan materi dan peralatan dengan penuh tanggung jawab § Kemudian, guru bertanya kepada siswa; - Apakah kau pernah memiliki pengalaman mengisi formulir? - Apa yang kau ketahui perihal formulir? Siswa diminta membaca teks pengantar yang terdapat dalam buku. Mandiri § Siswa diminta membaca petunjuk pengisian formulir yang terdapat dalam buku siswa. § Siswa diminta mengamati dan membaca teladan formulir registrasi untuk Klub Sahabat Pena. § Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks petunjuk dan formulir. § Siswa menuliskan beberapa hal berikut: · alasan mengapa petunjuk untuk mengisi formulir sangat penting. · informasi penting yang perlu dicantumkan dalam formulir pendaftaran. · alasan mengapa alamat harus dicantumkan secara lengkap saat mengisi formulir pendaftaran. · hal yang akan terjadi kalau alamat tidak lengkap. · alasan perlunya mencantumkan kode pos di bab alamat saat mengisi formulir. § Guru mengingatkan siswa untuk menuliskan tanggapan dengan goresan pena yang rapi dan kalimat yang lengkap sehingga gampang terbaca dan tanggapan yang diberikan utuh. § Jawaban siswa perihal teks formulir registrasi dinilai dengan daftar periksa. | 35 Menit X 30 JP |
Penutup | ¡ Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehari Integritas ¡ Bertanya jawab perihal materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya perihal pembelajaran yang telah diikuti. ¡ Melakukan evaluasi hasil belajar ¡ Menyanyikan lagu tempat “Soleram” ¡ Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius | 15 menit |
- Buku Pedoman Guru Tema : Wirausaha Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
- Buku Siswa Tema : Wirausaha Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
- Sepasang magnet untuk setiap kelompok
- Peniti
- Penjepit kertas
- Pensil
- Pulpen
- Kertas
Mengetahui Kepala Sekolah ____________________________ NIP. _________________________ | …………, ………….2018 Guru Kelas VI ____________________________ NIP. _________________________ |
- Menyajikan laporan hasil percobaan perihal sifat-sifat magnet
- Menyajikan hasil pengamatan perihal komponen, tujuan, dan manfaat teks formulir
- Pendekatan : Saintifik
- Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
No | Nama | Perubanan tingkah laku | |||||||||||
Santun | Peduli | Tanggung Jawab | |||||||||||
K | C | B | SB | K | C | B | SB | K | C | B | SB | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | ................... | ||||||||||||
2 | ................... | ||||||||||||
3 | …………….. | ||||||||||||
4 | …………….. | ||||||||||||
5 | …………….. | ||||||||||||
Dst | …………….. |
- rpp k13 kelas 6 tema 5 wirausaha revisi terbaru 2018 semester 1 doc (Ms. Word)
- rpp k13 kelas 6 tema 5 wirausaha revisi terbaru 2018 semester pdf
untuk rpp k13 kelas 6 tema 5 lengkap dari subtema 1 sampai 3 dibawah
- tema 5, subtema 1 kerja keras berbuah kesuksesan
- tema 5, subtema 2 perjuangan disekitarku
- tema 5, subtema 3 Ayo, berguru berwirausaha.
- Tema 5, Subtema 4 Pembiasan Literasi
Baca juga :
Mungkin butuh juga :
Demikian rpp k13 kelas 6 tema 5 wirausaha revisi terbaru 2018 semester 1, Free download doc (Ms. word) dan Pdf. kami bagikan semoga bisa membantu sahabat guru sekalian dimanapun berada. Terima kasih.
Belum ada Komentar untuk "✔ Rpp K13 Kelas 6 Tema 5 Wirausaha Revisi Terbaru 2018 Semester 1, Free Download Doc (Ms. Word) Dan Pdf"
Posting Komentar