✔ Rpp K13 Kelas 6 Tema 5 Wirausaha Revisi Terbaru 2018 Semester 1, Free Download Doc (Ms. Word) Dan Pdf

Sahabat guru dimanapun berada pada postingan kali ini kami bagikan rpp k13 kelas 6 tema 5 wirausaha revisi terbaru 2018 semester 1. Yakni sebuah pegangan seorang guru untuk mengajar di dalam kelas 6 dengan tema wirusaha yang dibahas pada bulan ke 4 atau 5. tema ini merupakan tema terakhir yang dibahas pada semester 1 kelas 6 ditahun pemikiran 2018/2019. yang terdiri dari 3 subtema dan setiap sub tema berisikan pembelajaran 1 sampai 6.

rpp kelas 6 tema 5 revisi terbaru merupakan revisi 2018, dan juga rpp yang baik haruslah disusun berdasarkan ketentuan-ketentuan dalam pembuatan / penyusunan rpp berdasarkan kaidah yang telah dituangkan dalam permendikbud.

Berdasarkan hal diatas biar sanggup membantu sahabat guru wali kelas 6 seluruh Indonesia dalam menyusun rpp disini kami bagikan rpp kurikulum 2013 (k13) kelas 6 tema 5 wirausaha revisi terbaru 2018 semester 1.

Untuk mendapat rpp k13 kelas 6 tema 5 wirausaha revisi terbaru 2018 semester 1, silahkan download perangkat pembelajaran lengkap dengan memakai link unduhan yang telah kami sematkan dalam artikel ini. Rpp k13 kelas 6 tema 5 ini kami sediakan dalam dua format yakni doc (Ms. word) dan Pdf.

 Sahabat guru dimanapun berada pada postingan kali ini kami bagikan rpp k ✔ Rpp K13 Kelas 6 Tema 5 Wirausaha Revisi Terbaru 2018 Semester 1, Free Download Doc (Ms. word) Dan Pdf

Contoh Rpp K13 kelas 6 tema 5 wirausaha subtema 3 kerja keras berbuah kesuksesan revisi 2018

Satuan Pendidikan :  SDN ...
Kelas / Semester :  VI (Enam) / 1
Tema 5 :  Wirausaha
Sub Tema 1 :   Kerja Keras Berbuah Kesuksesan
Pembelajaran :  3
Alokasi Waktu :  1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................

A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai pemikiran agama yang dianutnya. 
KI 2 : Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia 
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.6 Mencermati petunjuk dan isi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dsb.)
3.6.1 Mengidentifikasi komponen, tujuan, dan manfaat teks formulir dalam kehidupan sehari-hari.
2
4.6 Mengisi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dll.) sesuai petunjuk pengisiannya.
4.6.1 Menyajikan hasil pengamatan perihal komponen, tujuan, dan manfaat teks formulir dalam kehidupan sehari-hari.
IPA
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.5 Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari.
3.5.1 Menjelaskan sifat-sifat magnet.
2
4.5 Membuat laporan hasil percobaan perihal sifat-sifat magnet dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.5.1 Menyajikan laporan hasil percobaan perihal sifat-sifat magnet.

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan melaksanakan percobaan, siswa bisa menjelaskan sifat-sifat magnet secara tepat.
2. Dengan melaksanakan percobaan, siswa bisa menyajikan laporan hasil percobaan perihal sifat-sifat magnet secara benar.
3. Dengan membaca petunjuk dan teladan teks, siswa bisa mengidentifikasi komponen, tujuan, dan manfaat teks formulir dalam kehidupan sehari-hari secara benar.
4. Dengan membaca petunjuk dan teladan teks, siswa bisa menyajikan hasil pengamatan perihal komponen, tujuan, dan manfaat teks formulir dalam kehidupan sehari-hari secara rinci.

Karakter siswa yang diharapkan   :
  • Religius
  • Nasionalis 
  • Mandiri
  • Gotong Royong
  • Integritas
D. KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡   Guru menunjukkan salam dan mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing. Religius
¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Berkibarlah Benderaku”. Nasionalis
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan mengusut kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk diubahsuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yakni tentangWirausaha”.
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. Communication
¡   Menyanyi lagu Indonesia Raya Nasionalis
10 menit
Inti
§  Guru bertanya kepada siswa:
§  Apakah kau pernah melihat atau membeli cendera mata yang terbuat dari magnet?
§  Siswa diminta mengamati berbagai gambar cendera mata yang terbuat dari materi magnet yang terdapat dalam buku siswa. Mandiri
§  Siswa diminta menceritakan pengalaman mereka melihat atau membeli cendera mata yang terbuat dari magnet dan menuliskannya di buku. Communication
§  Siswa diminta mencermati tujuan percobaan, yakni mengidentifikasi sifat-sifat magnet.
§  Siswa diminta mengamati alat dan bahan.
§  Siswa kemudian melaksanakan percobaan perihal sifat-sifat magnet berdasarkan instruksi yang terdapat di buku. Creativity and Innovation
§  Siswa diingatkan untuk mengikuti langkah-langkah percobaan secara tertib.
§  Ketika siswa melaksanakan percobaan, guru berkeliling untuk mengamati aktivitas siswa sambil mengajukan pertanyaan dan motivasi siswa agar dapat melaksanakan percobaan secara tertib.
§  Guru meminta siswa bekerja dengan penuh tanggung jawab dan disiplin
§  Siswa diminta menuliskan laporan berdasarkan percobaan yang mereka lakukan, yang berisi tentang:
·         tujuan percobaan
·         alat dan bahan
·         langkah-langkah percobaan
·         hasil percobaan
·         kesimpulan berdasarkan hasil percobaan
§  Laporan hasil percobaan dinilai dengan daftar periksa
§  Sebagai penguatan, siswa diminta membaca perihal sifat-sifat magnet yang terdapat dalam buku siswa.
§  Setelah melaksanakan percobaan, siswa diingatkan untuk merapikan materi dan peralatan dengan penuh tanggung jawab
§  Kemudian, guru bertanya kepada siswa;
-           Apakah kau pernah memiliki pengalaman mengisi formulir?
-           Apa yang kau ketahui perihal formulir?
Siswa diminta membaca teks pengantar yang terdapat dalam buku. Mandiri

§  Siswa diminta membaca petunjuk pengisian formulir yang terdapat dalam buku siswa.
§  Siswa diminta mengamati dan membaca teladan formulir registrasi untuk Klub Sahabat Pena.
§  Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks petunjuk dan formulir.
§  Siswa menuliskan beberapa hal berikut:
·         alasan mengapa petunjuk untuk mengisi formulir sangat penting.
·         informasi penting yang perlu dicantumkan dalam formulir pendaftaran.
·         alasan mengapa alamat harus dicantumkan secara lengkap saat mengisi formulir pendaftaran.
·         hal yang akan terjadi kalau alamat tidak lengkap.
·         alasan perlunya mencantumkan kode pos di bab alamat saat mengisi formulir.
§  Guru mengingatkan siswa untuk menuliskan tanggapan dengan goresan pena yang rapi dan kalimat yang lengkap sehingga gampang terbaca dan tanggapan yang diberikan utuh.
§  Jawaban siswa perihal teks formulir registrasi dinilai dengan daftar periksa.
35 Menit X  30 JP
Penutup
¡   Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehari Integritas
¡   Bertanya jawab perihal materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya perihal pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan evaluasi hasil belajar
¡   Menyanyikan lagu tempat “Soleram”
¡   Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
15 menit

E. SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
  • Buku Pedoman Guru Tema : Wirausaha Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
  • Buku Siswa Tema : Wirausaha Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
  • Sepasang magnet untuk setiap kelompok
  • Peniti
  • Penjepit kertas
  • Pensil
  • Pulpen
  • Kertas
Mengetahui
Kepala Sekolah




____________________________
NIP. _________________________
…………, ………….2018
Guru Kelas VI




____________________________
NIP. _________________________

Lampiran 1

F. MATERI PEMBELAJARAN
  • Menyajikan laporan hasil percobaan perihal sifat-sifat magnet
  • Menyajikan hasil pengamatan perihal komponen, tujuan, dan manfaat teks formulir
G. METODE PEMBELAJARAN 
  • Pendekatan : Saintifik
  • Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

Lampiran 2

H. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR

Penilaian Sikap 
No
Nama
Perubanan tingkah laku
Santun
Peduli
Tanggung Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
...................












2
...................












3
……………..












4
……………..












5
……………..












Dst
……………..












Keterangan: 
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

Penilaian
1. IPA
Laporan hasil percobaan dinilai dengan daftar periksa. 
2. Bahasa Indonesia
Jawaban siswa perihal teks formulir dinilai dengan daftar periksa.

3. Catatan anekdot untuk mencatat sikap (Jujur, Disiplin)
Contoh sanggup dilihat pada bab simpulan (lampiran) buku ini.

Pengayaan
Siswa sanggup mencari tahu dan mempraktikkan cara mengisi banyak sekali jenis formulir yang sering mereka temukan dalam kehidupan sehari-hari dan yang bersahabat dengan kehidupan mereka.

Remedial
Siswa yang belum memahami cara mengisi formulir dengan baik sanggup berlatih mengisi contoh-contoh formulir yang sederhana terlebih dahulu dengan pendampingan dan pengarahan dari guru.

Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa diminta menceritakan kepada orang bau tanah mereka perihal percobaan yang dilakukannya perihal sifat-sifat magnet. Orang bau tanah menuliskan komentar mereka perihal kisah siswa.

Untuk mendownload rpp k13 kelas 6 tema 5 doc (ms. word) dan pdf dibawah.
  • rpp k13 kelas 6 tema 5 wirausaha revisi terbaru 2018 semester 1 doc (Ms. Word)
  • rpp k13 kelas 6 tema 5 wirausaha revisi terbaru 2018 semester pdf

untuk rpp k13 kelas 6 tema 5 lengkap dari subtema 1 sampai 3 dibawah

Belum ada Komentar untuk "✔ Rpp K13 Kelas 6 Tema 5 Wirausaha Revisi Terbaru 2018 Semester 1, Free Download Doc (Ms. Word) Dan Pdf"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel