✔ Rpp Kelas 3 Tema 3 Benda Disekitarku Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2018 Semester 1

Kami bagikan rpp lengkap kelas 3 tema 3 kurikulum 2013 revisi 2018 terbaru, lengkap dan gratis

Dalam artikel ini kami juga telah menyusunnya secara rapi, sehingga bapak/ibu guru sanggup dengan gampang mendownloadnya.

Rpp SD merupakan salah satu perangkat pembelajaran penting, dan menjadi pegangan wajib yang harus dimiliki guru wali kelas. RPP dibentuk oleh guru untuk membantunya dalam mengajar semoga sesuai dengan Standar Kompetensi yang digunakan dalam sekolah yang bersangkutan.

Dengan mempunyai sebuah rpp, seorang guru sanggup dengan gampang melaksanakan acara berguru mengajar dikelas dengan terkonsep dan tersusun sesuai denga yang telah direncanakan dalam perangkat pembelajaran yang satu ini (RPP)

rpp kurikulum 2013 revisi 2018 disusun menurut format permendikbud no 37 tahun 2018, sesuai dengan materi refferensi diantaranya buku guru tahun 2018, dan juga terintegrasi literasi, ppk, 4c dan hots (keterampilan era 21).

rpp kelas 3 tema 3 ini sudah sangat lengkap dan mempunyai keterkaitan antara kompetensi inti dan kompetensi dasar sehingga sangat sanggup sekali untuk dijadikan perangkat pembelajaran bagi guru wali kelas SD yang telah memakai kurikulum 2013 yang telah berbasis tematik.

rpp kelas 3 tema 3 kurikulum 2013 revisi 2018 ini terdiri dari 4 subtema dan masing-masing subtema terdiri dari pembelajaran 1 sampai pembelajaran 6.

untuk lebih terperinci silahkan lihat contoh rpp kelas 3 tema 3 subtema 1 pembelajaran 1 dibawah 

 Dalam artikel ini kami juga telah menyusunnya secara rapi ✔ Rpp Kelas 3 Tema 3 Benda Disekitarku Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2018 Semester 1

Rpp Kelas 3 kurikulum 2013 revisi 
Satuan Pendidikan : SDN Guru-Baik
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 3 : Benda di Sekitarku
Sub Tema 1 : Aneka Benda di Sekitarku
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................


A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai aliran agama yang dianutnya. 
KI 2 : Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD)

Bahasa Indonesia

NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

3.1.1  Membaca teks berjudul Aneka Benda-benda di Sekitar Kita
3.1.2  Mengklasifikasikan benda dan non benda sesuai dengan teks bacaan
2
4.1 Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
4.1.1   Mengelompokkan benda sesuai dengan sifat fisiknya

4.1.2   Menuliskan pokok informasi dengan tepat.
Matematika
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.7 Mendeskripsikan dan menentukan kekerabatan antar satuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

3.7.1 Menyatakan satuan panjang yang digunakan dengan paling sedikit dua satuan baku dengan tepat.

2
4.7 Menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan hubungan antarsatuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
4.7.1 Mengukur panjang benda dengan satuan panjang baku yang sering digunakan.

SBdp
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu.

3.2.1 Mengidentifkasi bentuk pola irama sederhana.

2
4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu.
4.2.1 Memeragakan pola irama sederhana dengan tepat.

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Dengan membaca teks berjudul Aneka Benda-benda di Sekitar Kita, siswa sanggup mengidentifikasi informasi dari teks.
  2. Dengan mengamati benda, siswa sanggup mengklasifikasikan benda dan non benda sesuai dengan teks bacaan dengan tepat.
  3. Dengan membaca perihal sifat fisik benda, siswa sanggup mengelompokkan benda sesuai dengan sifat fisiknya.
  4. Dengan melengkapi tabel, siswa sanggup menuliskan pokok informasi dengan tepat.
  5. Dengan pengamatan terhadap alat ukur, siswa sanggup menyatakan satuan panjang yang digunakan dengan paling sedikit dua satuan baku dengan tepat.
  6. Dengan memerhatikan pengarahan guru, siswa sanggup mengukur panjang benda dengan satuan panjang baku yang sering digunakan.
  7. Dengan menirukan tepukan guru, siswa sanggup mengidentifkasi bentuk pola irama sederhana.
  8. Dengan mengiringi lagu dengan tepukan, siswa sanggup memeragakan pola irama sederhana dengan tepat.
Karakter siswa yang diharapkan   :
  • Religius
  • Nasionalis 
  • Mandiri
  • Gotong Royong
  • Integritas
Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Tanah Airku”. Nasionalis
¡   Guru membuka pelajaran dengan mengarahkan siswa untuk mengamati benda-benda di sekitar kelas.
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡   Kegiatan pembukaan sanggup diawali dengan memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk menyebutkan sebanyak-banyaknya benda yang berawalan abjad tertentu. Misalkan awalan abjad S, setiap anak bergantian menyebutkan benda-benda berawalan abjad S, dihentikan menyebutkan benda yang sama dengan yang telah disebutkan oleh sobat sebelumnya. Communication
¡   Arahkan siswa untuk memperlihatkan teladan benda yang bervariasi, jangan hanya benda padat, tapi juga benda cair ataupun gas.
¡   Ajukan pertanyaan apakah cahaya juga benda, bagaimana dengan suara, ajak siswa untuk mendiskusikannya. Biarkan siswa dengan pendapatnya terlebih dahulu.
10 menit
Inti
§  Siswa membaca wacana yang ada di Buku Siswa.
§  Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dari wacana yang dipakai. Mandiri
§  Setelah membaca siswa mengerjakan latihan di Buku Siswa yaitu, menentukan mana yang benda dan mana yang bukan benda menurut wacana yang telah dibaca (tentang cahaya dan suara).
§  Memeriksa hasil pekerjaan siswa bersama-sama.  Gotong Royong
§  Siswa memerhatikan kembali Buku Siswa perihal pembagian benda menurut ukuran, warna, dan bentuk. Setelah itu menyimak pengarahan guru perihal sifat benda.
Sifat fisik benda yakni segala sesuatu yang sanggup mendeskripsikan atau mencirikan benda tersebut dan sanggup diamati oleh indra manusia. Segala sesuatu yang sanggup dilihat, diraba, dan dirasa (jika perlu). Benda sanggup diidentifikasi sifat fisiknya melalui bentuk, ukuran, kekerasan, warna, kekuatan, dan sebagainya.
§  Kegiatan selanjutnya siswa mengamati benda-benda sekitar dan mengelompokkan benda tersebut menurut sifat fisiknya.
§  Siswa sanggup mengelompokkan menurut warna, ukuran, bentuk atau lainnya. Critical Thinking and Problem Solving
Misalkan, untuk warna, siswa mengelompokkan benda yang berwarna putih, atau menurut bentuk, mengelompokkan jadi satu benda yang bentuknya persegi.
§  Siswa menuliskan pengelompokkan tersebut di Buku Siswa.
§  Perwakilan kelompok mempresentasikan pengelompokan benda tersebut.
§  Setelah perwakilan siswa mempresentasikan pengelompokkannya setiap siswa diminta untuk mengisi peta konsep yang telah disediakan.
§  Perwakilan siswa diminta untuk menjelaskan peta konsep yang telah di buat ke depan kelas. Mandiri
§  Guru memperlihatkan masukannya untuk  resentasi yang telah dilakukan oleh siswa.
§  Kegiatan dilanjutkan dengan siswa memerhatikan panjang benda yang diambil, dan mengurutkan benda mulai dari yang paling pendek ke benda yang paling panjang (alternatif acara sanggup juga siswa diminta untuk berbaris menurut tinggi tubuh mulai dari yang paling pendek ke yang paling tinggi).
§  Siswa diminta untuk mengobservasi mana yang paling tinggi dan paling pendek. Creativity and Innovation
§  Sampaikan bagaimana kita sanggup mengukur benda? Perkenalkan siswa alat ukur yang biasa digunakan dalam keseharian. (Sangat dianjurkan untuk guru memperlihatkan secara pribadi bermacam-macam alat ukur, mulai dari penggaris, meteran kain, meteral rol, ataupun meteran saku).
§  Ajak siswa memerhatikan satuan yang tertera pada alat ukur.
§  Siswa diperkenalkan dengan satuan yang biasa digunakan untuk mengukur sehari-hari, menyerupai m, cm, km.
§  Ajak siswa untuk menyebutkan satuan panjang yang mereka ketahui. Tuliskan di kolom yang tersedia di Buku Siswa.
Satuan dalam panjang

§  Guru memperlihatkan cara pengukuran dengan memakai penggaris sederhana.
§  Siswa diminta untuk mempraktikkan cara pengukuran sederhana dengan memakai penggaris. Pastikan siswa menempatkan titik nol di ujung benda yang akan diukur. Mandiri
§  Siswa mengerjakan latihan di Buku Siswa. 
§  Kegiatan dilanjutkan dengan bermain tebak-tebakan benda. Misalnya:
Sejenis alat musik,
Terbuat dari logam,
Bentuknya segitiga,
Digunakan dengan cara diketuk,
Benda apakah itu? (jawab: Triangle)
§  Guru menjelaskan bahwa banyak benda yang digunakan untuk mengiringi lagu. Benda yang termasuk kelompok alat musik sangat banyak ragamnya. Salah satu misalnya yakni alat musik ritmis. Alat musik ritmis yakni alat musik yang tidak bernada yang sanggup menghasilkan irama lagu. Communication
§  Guru sanggup mengenalkan alat musik ritmis tempat bila ada. Akan lebih baik kalau ditunjukkan juga teladan alat musik daerahnya.
§  Siswa mengamati jenis alat musik ritmis yang ada di Buku Siswa. (Akan lebih baik, kalau guru membawa salah satu teladan alat musik ritmis). Siswa diarahkan untuk mengajukan pertanyaan seputar alat musik ritmis.
§  Sebelum memakai alat musik, siswa diajak berlatih tepukan dengan memakai benda-benda di sekitar mereka.
§  Guru memperlihatkan teladan tepukan yang merupakan pola irama dan mana yang bukan pola irama. (Guru memperlihatkan tepukan yang tidak berpola dan tepukan yang berpola). Tepukan sangat bervariasi, boleh tepukan lemah-kuat, ataupun tepukan tangan-tepukan meja ataupun lainya.
§  Siswa diperkenalkan simbol yang digunakan di Buku Siswa, yaitu simbol:
ketukan kuat/tepuk meja.
ketukan lemah/tepuk tangan.
§  Guru memberikan bahwa pukulan sanggup divariasikan, misalkan memakai hentakan kaki dan tepuk tangan, memakai stik pemukul dan tepuk tangan, mengetuk di meja dan kursi, dan lain-lain.
§  Siswa memperlihatkan teladan tepukan pola irama, guru memperlihatkan arahannya.
§  Setelah siswa memahami perihal tepukan pola irama. Siswa diperkenalkan lagu yang berjudul “Teka-Teki”.
§  Siswa berlatih gotong royong sesuai dengan guru. Untuk bait selanjutnya siswa sanggup memvariasikan tepukan.
§  Kegiatan alternatif guru sanggup membentuk kelompok kecil, setiap kelompok sanggup memakai media yang bermacam-macam untuk menghasilkan tepukan. Collaboration
§  Misalkan, kelompok pertama bertepuk tangan dan mengetuk meja untuk menghasilkan bunyi. Kelompok kedua memukul kaleng dan galon untuk menghasilkan bunyi. Siswa diberikan kesempatan untuk bereksplorasi dalam menghasilkan bebunyian. Creativity and Innovation
§  Setelah itu mereka berlatih menciptakan tepukan pola irama untuk mengiringi lagi Teka-Teki.
§  Setiap kelompok diminta tampil untuk mempertunjukkan hasilnya. Jika waktu tidak mencukupi, maka penampilan sanggup dilakukan di pembelajaran selanjutnya.
150 menit
Penutup
¡   Guru menutup pelajaran dengan memperlihatkan teka-teki “Ada sebuah benda, tak terlihat namun sanggup tercium, tak sanggup ditangkap, namun sanggup dirasakan” (jawab: gas).
¡   Siswa melaksanakan refleksi acara hari ini, acara sanggup berupa tanya jawab berikut. Mandiri
-       Bagaimana perasaan mereka mengikuti acara hari ini?
-       Apakah mereka menemukan kesulitan?
-       Apa yang masih belum mereka pahami?
-       Apa yang paling siswa sukai dalam acara hari ini?
-       Sebutkan apa yang termasuk benda padat, gas, maupun cair?
¡   Guru mengajak siswa mensyukuri nikmat Tuhan yang diberikan, bagaimana Tuhan mempersiapkan alam ini dengan aneka benda-benda yang ada untuk memenuhi kehidupan manusia.
¡   Menyanyikan lagu tempat “Ampar-Ampar Pisang”
¡   Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing oleh petugas. Religius
15 menit

E. SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
  • Buku Pedoman Guru Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
  • Buku Siswa Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
  • Benda-benda di sekitar lingkungan kelas.
  • Aneka alat ukur, menyerupai penggaris, meteran kain, dan lain-lain.

LAMPIRAN 1

F. MATERI PEMBELAJARAN
  • Membaca wacana untuk mengidentifikasi informasi aneka benda di sekitar kita.
  • Mengelompokkan benda sesuai dengan bentuk, ukuran dan warna.
  • Mengukur benda dengan memakai satuan baku cm.
  • Berlatih tepuk dengan pola irama sederhana.
G. METODE PEMBELAJARAN 
  • Pendekatan : Saintifik
  • Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

LAMPIRAN 2

Penilaian

Penilaian Sikap 

Penilaian sikap sesuai dengan petunjuk pemakaian Buku Guru.

No
Nama
Perubanan tingkah laku
Santun
Peduli
Tanggung Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
...................












2
...................












3
……………..












4
……………..












5
……………..












dst
……………..













Keterangan: 
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

Penilaian Pengetahuan
1. Latihan mengidentifikasi benda dan bukan benda.
Banyak pilihan: 9
Benar semua: (jumlah benar/9 x 100) =100
2. Melengkapi tabel perihal jenis, sifat fisik dan ciri benda.
Banyak isian: 5
Benar semua: (jumlah benar/5 x 100) =100
3. Latihan soal membaca ukuran panjang benga.
Banyak isian: 5
Benar semua: (jumlah benar/5 x 100) =100

Penilaian Keterampilan

1. Daftar periksa mempraktikkan tepukan pola irama.

No
Nama Siswa
Ketepatan Tepukan
Kestabilan tempo
T
BT
T
BT































Untuk mendownload rpp kelas 3 tema 3 benda disekitarku kurikulum 2013 revisi terbaru 2018 lengkap, dibawah

File kami sediakan dalam format doc, sehingga ibu / bapak guru tinggal download dan gampang untuk diedit dan sanggup diubahsuaikan dengan sekolah dan guru yang bersangkutan.

RPP kelas 3 tema 3 kurikulum 2013 revisi 2018
  • sub tema 1 Aneka benda disekitarku
  • sub tema 2 Wujud Benda
  • sub tema 3 perubahan wujud benda
  • sub tema 4 keajaiban perubahan wujud disekitarku
Download rpp kelas 3 tema 3 kurikulum 2013 revisi 2018 (Semua subtema), Unduh

Demikianlah informasi terkait rpp kelas 3 tema 3 benda disekitarku kurikulum 2013 revisi terbaru 2018 yang sanggup kami bagikan, semoga sanggup membantu teman-teman guru sekalian. Terima Kasih.

Belum ada Komentar untuk "✔ Rpp Kelas 3 Tema 3 Benda Disekitarku Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2018 Semester 1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel