Terbaru - #11 Peluang Usaha 2020 Untuk Guru Pns (Usaha Sampingan Menguntungkan)

#11 Peluang Usaha 2020 Untuk GURU PNS (Usaha Sampingan Menguntungkan) -  guru honorer atau non PNS tetap mengabdi untuk pendidikan tanpa mempermasalahkan apakah dia sudah PNS atau belum. Meskipun kenyataannya menjadi PNS bakal mendapatkan tunjangan dan gaji yang lebih besar, tapi guru honorer yang tetap tulus mengajar itu tidak bisa digantikan nilainya dengan uang berapapun besarnya. Karena daripada terus menuntut agar diangkat menjadi PNS yang itu belum tentu waktunya, lebih baik mensyukuri apa yang telah diberikannya sekarang dan mencari solusi agar kebutuhan hidup tetap bisa terjaga. Salah satunya dengan mencari bisnis sampingan guru honorer.

Guru honorer biasanya memiliki waktu luang yang cukup banyak dibandingkan guru PNS. Untuk itu, waktu luang ini sebaiknya bisa dikonversikan untuk hal-hal positif yang syukur-syukur bisa menambah penghasilan bulanan.

Usaha Sampingan Yang Mudah dan Menguntungkan

Di abad digital ibarat saat ini mencari uang sanggup jadi merupakan hal yang tidak terlalu sulit, tentu bagi orang yang jeli dan mau berusaha. Tidak heran kalau di kurun kini banyak ibu rumah tangga yang mempunyai penghasilan sampingan yang melebihi gaji manajer di perusahaan swasta.
Bagi Anda yang sudah malang melintang di dunia bisnis informasi semacam ini barangkali merupakan gosip yang biasa-biasa saja bukan, sebab kami yakin niscaya Anda sudah sering menemukan peluang-peluang yang gampang untuk dijalankan macam ini.

Tapi bagi Anda yang sedang mencari ilham untuk mulai bisnis niscaya kaget mengetahui gosip ini. Lebih jauh lagi barangkali Anda galau bisnis macam apa yang sanggup dijadikan sampingan namun melebihi pendapatan honor utama. 

#11 Peluang Usaha 2020 (Usaha Sampingan Menguntungkan)


Ada beberapa perjuangan sampingan yang bisa dilakukan guru honorer, berikut diantaranya :


1. BLOGGING






Bagi yang gemar menulis, ngeblog atau blogging adalah salah satu cara dalam mensalurkan hobby menulis tersebut. Bagi seorang guru, sangatlah banyak materi atau cerita yang bisa ditulis. Mulai dari pengalaman di sekolah, tutorial menciptakan perangkat mengajar, isu seputar pendidikan, atau hal-hal lainnya yang menjadi kegemaran sang guru, namanya juga kaum intelektual yang punya banyak inspirasi menulis. Dengan memanfaatkan blog gratis ibarat blogger atau wordpress, sangat mungkin bagi seorang guru honorer mengakibatkan kegiatan ngeblog sebagai ladang uang. Syaratnya adalah istiqamah dan konsisten dalam menulis. Banyak sekali artikel yang membahas cara menghasilkan uang lewat ngeblog di internet.


2. USAHA PULSA ELEKTRIK


Tidak dapat dipungkiri periode moderen sekarang ini setiap orang tidak dapat dipisahkan dengan gadget, teruma handphone yang sudah menjadi kebutuhan pokok. Jika dulu orang menggunakan handphone sekedar untuk SMS-an ataupun telponan, kini berbagai fitur yang bisa dipergunakan melalui telepon pintar. Salah satunya yaitu sosial media yang paling banyak menghabiskan kuota internet. Hal inilah yang sanggup menjadi peluang bagi guru honorer untuk berbisnis pulsa elektrik, termasuk untuk internetan. Saya kisahkan, dulu waktu saya bertugas di kawasan 3T, ada seorang sahabat yang berjual pulsa elektrik. Hampir semua rekan SM-3T mengisi pulsa dari beliau ini, biasanya akan dibayar di awal bulan bersamaan honor masuk ke rekening. WOW, sungguh super....


3. USAHA LES PRIVAT ATAU BIMBINGAN BELAJAR


Gambar : www.usahasampinganku.com
Kegiatan belajar mengajar bagi seorang guru sudah menjadi darah daging. Oleh sebab itulah seorang guru yang berpendapatan kecil sangat cocok untuk memulai perjuangan sampingan les atau bimbingan mencar ilmu. Beruntung kalau Anda menguasai beberapa mata pelajaran alasannya ialah Anda mampu membuka perjuangan ini dengan pembagian terstruktur mengenai lebih dari satu pelajaran. Usaha ini bisa dilakukan di rumah Anda sendiri dengan memanfaatkan ruang tamu ataupun halaman depan. Syukur-syukur kalau di dalam rumah Anda ada ruang kosong yang cukup luas untuk berguru. Jika Anda mempunyai keterbatasan dalam hal tempat, Anda sanggup membuka usala les privat ke rumah murid. Usaha les privat tentunya lebih besar dalam hal salary. Pekerjaan ini bisa dilakukan selama 1 hingga 2 jam, baik sore maupun malam.


4. USAHA LES KOMPUTER


Gambar : www.peluangusahha.blogspot.com
Jika Anda punya komputer atau pun laptop barang dua unit di rumah, sudah sangat layak bagi Anda untuk membuka les komputer bagi siswa SD sekitar tempat tinggal Anda. Tidak usah muluk-muluk, yang penting bagi mereka terlebih dahulu sanggup menguasai mater-materi dasar komputer, menyerupai mengetik dan mengatur margin. Jika sudah lancar, maka materinya bisa ditingkatkan. Biaya les-nya pun bisa Anda atur sendiri. Praktis bukan?


5. USAHA JASA PENGETIKAN DAN PRINTING


Gambar : www.bisnis2020.com
Masih banyak masyarakat yang belum memiliki komputer di rumah sehingga kebutuhan akan pengetikan dan print masih sangat tinggi. Selain itu, kesibukan yang dimiliki banyak orang menciptakan peluang bisnis ini cukup menjanjikan. Terutama jika Anda tinggal di sekitar kampus, sekolah dan instansi pemerintahan. Peluang ini bisa dimanfaatkan oleh seorang guru honorer yang ingin menambah penghasilan terutama bagi seorang guru Bahasa Inggris, tarif jasa pengetikan dalam Bahasa Inggris lebih mahal ketimbang bahasa Indonesia alasannya memang tidak semua orang bisa berbahasa inggris.


6. USAHA KERAJINAN TANGAN


Gambar : www.siapbisnis.net
Membuat kerajinan tangan adalah sebuah pekerjaan di waktu senggang yang sedang banyak digandrungi saat ini. Pelakunya pun beragam, mulai dari mahasiswa, siswa, hingga pegawai honorer. Biasanya, membuat kerajinan tangan ini didasarkan pada hobi. Tentunya sah-sah saja jika hobi tersebut dimanfaatkan sebagai usaha sampingan. Beberapa kerajinan tangan yang sedang trend saat ini adalah tas dan dompet rajutan, bros handmade, dan masih banyak lainnya. Usaha sampingan ini sangat cocok dilakukan oleh guru honorer yang ingin menambah penghasilan yaitu dengan cara menjual ke guru-guru lain dan mempromosikannya lewat media sosial. Namun, usaha ini cocok dilakukan oleh kaum hawa saja. Tapi tidak ada salahnya jika dicoba oleh kaum adam.


7. USAHA DI BIDANG PERTANIAN


Usaha dalam bidang pertanian ini merupakan jenis usaha yang bergotong-royong sangat cocok untuk negara kita ini. Usaha dalam bidang petanian tidak selalu bermodal besar, namun bisa juga dijalankan dengan modal kecil tergantung tumbuhan apa yang ingin ditanam. Bagi guru-guru di pedesaan, sangat cocok untuk berbisnis sampingan ini alasannya ketersediaan lahan yang masih luas. Tanaman yang cocok untuk dijadikan bisnis pertanian adalah cabai, jagung, sayur-sayuran, dan lainnya. Mengurusnya pun bisa dilakukan sepulang sekolah.


8. JADI PENULIS LEPAS


Gambar : blog.duitpintar.com
Cuma modal komputer atau laptop, Anda bisa menjadi penulis lepas. Cukup cari majalah atau website yang mendapatkan tulisan dari luar dan mulailah menulis. Bererapa website yang menyediakan kesempatan bagi penulis lepas yaitu Babe dan UC, tentu saja masih banyak lainnya. Jika Anda seorang guru honorer, peluang ini sangat cantik lantaran dalam website tersebut membebaskan untuk kita menulis tulisan sesuai kategori, termasuk pendidikan dan hobi.


9. MENJADI YOUTUBER PROFESIONAL


Gambar : www.messzelato.hu
Jika Anda membuka video di youtube dan terpampang iklan, itu artinya orang yang mengupload video tersebut yakni youtuber profesional. Mengapa demikian? Karena video yang diupload bukan sekedar untuk mampu ditonton oleh para penonton, tapi juga untuk menghasilkan uang dari iklan tersebut. Sekarang aneka macam youtuber yang sudah sukses, sampai dibentuk film berjudul Youtubers yang mengisahkan tentang kehidupan para youtuber di Indonesia. Bagi Anda guru honorer juga bisa memulai bisnis online ini dengan mengupload video-video bertema pendidikan ataupun hobi Anda. Jangan khawatir jikalau Anda masih pemula, alasannya di youtube sangat mudah untuk diterima situs penyedia iklan.


10. MENJUAL PRODUK SECARA ONLINE


Gambar : www.penipuhunter.blogspot.com
Salah satu bisnis sampingan yang mulai diminati para pencari nafkah tambahan yaitu menjual produk secara online atau lebih trend dengan istilah olshop. Guru honorer pun banyak yang sudah melaksanakan kegiatan ini mirip menjual pakaian, sepatu, alat-alat olahraga, alat kosmetik, hijab, kain batik, makanan, dan sebagainya. Yang diharapkan hanyalah sosial media untuk mempromosikan produk-produk tersebut. Supaya terlihat profesional, Anda bisa membuka toko online sendiri baik di halaman facebook atau pun di toko-toko online mirip tokopedia, olx, atau pun bukalapak. 


11. USAHA JASA PENERJEMAH


 guru honorer atau non PNS tetap mengabdi untuk pendidikan tanpa mempermasalahkan apakah d Terbaru -  #11 Peluang Usaha 2020 Untuk GURU PNS (Usaha Sampingan Menguntungkan)
Gambar : www.exptranslation.com
Usaha jasa penerjemah merupakan perjuangan sampingan yang cocok dijalankan oleh guru honorer bidang bahasa baik bahasa Inggris, Jepang, Mandarin, Arab, dan bahasa lainnya. Usaha ini tidak membutuhkan modal, hanya membutuhkan keterampilan dan kefasihan berbahasa absurd saja. Bahkan Anda mampu memulai menyampaikan jasa kepada mahasiswa ataupun guru lain yang berbeda jurusan dengan Anda.

Selain 11 bisnis sampingan untuk guru honorer di atas, sesungguhnya banyak sekali bisnis sampingan yang bisa dilakukan guru honorer. Intinya yaitu mau atau tidak melakukannya. Daripada hanya termangu lesu mengharapkan untuk segera diangkat menjadi PNS, lebih baik berkarya dengan apa yang dikuasainya untuk menghasilkan sesuatu yang bermakna

Belum ada Komentar untuk "Terbaru - #11 Peluang Usaha 2020 Untuk Guru Pns (Usaha Sampingan Menguntungkan)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel