✔ Kumpulan Soal Tematik, Matematika, Pjok, Pai Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Beserta Kunci Jawaban

Download soal UTS kelas 5 semester 2 k13 revisi 2018 - Dua tema hampir selesai diajarkan dikelas 5 semester 2 ini, itu artinya ujian tengah semester (UTS) atau yang dikenal dengan penilaian tengah semester (PTS) untuk kurikulum 2013 akan segera dimulai. Biasanya UTS akan diadakan secara bersamaan dalam suatu daerah, soal - soal pun biasanya ada yang telah disiapkan dinas pendidikan setempat, namun ada juga sekolah yang harus membuatnya sendiri.

 Dua tema hampir selesai diajarkan dikelas  ✔ Kumpulan Soal Tematik, Matematika, PJOK, PAI Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Beserta Kunci Jawaban
Download Soal UTS kelas 5 Semester 2 k13 tematik, matematika, PJOK dan PAI

Materi yang telah diajarkan guru selama kurang lebih 2 bulan lebih haruslah dikuasai oleh siswa. Nah untuk menilai akseptor didiknya, penilaian harus dilakukan, UTS salah satunya. yang mana sebelumnya ulangan harian (UH) telah dilakukan minimal 2 kali sebelum UTS dilaksanakan.

Nah untuk mendukung aktivitas mencar ilmu mengajar dikelas 5 dan membatu para wali kelas, disini guru-baik.com akan membagikan soal - soal UTS kelas 5 semester 2 kurikulum 2013 revisi 2018. Adapun kumpulan soal UTS yang akan kami bagikan mencakup : Tematik, PJOK, Matematika dan PAI.

Perlu diketahui file soal UTS kelas 5 semester 2 k13 revisi 2018 yang kami bagikan ini tersedia dalam format doc yang terdiri dari 30 soal dalam setiap ujian yang memuat 20 pilihan ganda dan 10 isian, tak lupa pula kami lengkapi dengan kunci jawabannya sebagai embel-embel yang penting.

1. Download UTS / Perguruan Tinggi Swasta Tematik Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi

2. [Download] UTS / Perguruan Tinggi Swasta Matematika kelas 5 semester 2 Kurikulum 2013 Revisi

3. [Download] soal UTS / Perguruan Tinggi Swasta PJOK kelas 5 semester 2 kurikulum 2013 Revisi

4. [Download] soal UTS / Perguruan Tinggi Swasta PAI kelas 5 semester 2 kurikulum 2013 Revisi

Sebelum mendownload soal UTS kelas 5 semester 2 diatas, sebaiknya silahkan lihat pola yang kami tampilkan berikut :

Contoh soal UTS tematik kelas 5 semester 2 k13 revisi 2018 tema 6 subtema 1 dan 2

I.    Berikan tanda silang (x) pada balasan yang benar !

(PPkN No  1- 4)
1.     Setiap siswa mempunyai hak untuk mendapatkan…
a.  Pembayaran uang sekolah.
c. Perlakuan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya.
b.  Menjaga ketertiban di kelas.
d. Penjagaan kemudahan sekolah.
2.    Setiap siswa harus menjaga sarana pendidikan yang ada di sekolah dengan baik. Ketika sarana tidak dijaga dengan baik maka sarana belajarnya akan rusak sehingga aktivitas mencar ilmu akan terganggu. Supaya aktivitas mencar ilmu berjalan dengan baik maka siswa harus menjalankan….Sebagai siswa dengan penuh taggung jawab.
a.  Kewajiban
c.  Sikap
b.  Hak
d.  Norma
3.    Memelihara lingkungan alam adalah….
a. Kewajiban masyarakat bersama
c.  Hak masyarakat bersama
b. Kewajiban masyarakat tertentu
d. Hak masyarakat tertentu
4.    Sesuatu yang harus dilakukan untuk menjamin haknya terpenuhi disebut…
a.  Norma
c.    Kewajiban
b.  Peraturan
d.  hak
      (Bahasa Indonesia No 5 - )
      Teks bacaan soal no 5- 6)
Sumber Energi Panas
Benda yang sanggup menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas. Sumber energi panas sanggup kita jumpai di alam, salah satunya yakni matahari. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar. Semua makhluk hidup memerlukan energi panas matahari. Energi panas matahari membantu proses pembuatan masakan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis. Makanan yang dihasilkan dari hasil fotosintesis menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia. 
Energi panas matahari sanggup menerangi bumi sehingga udara di bumi menjadi hangat. Dalam kehidupan sehari-hari, energi panas matahari dimanfaatkan dalam aneka macam aktivitas manusia. Misalnya, panas matahari dipakai untuk mengeringkan padi sehabis dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk mengeringkan pakaian yang basah.
Cobalah kau gosokkan kedua tanganmu selama satu menit!  Apa yang kau rasakan? Sekarang, ambillah sebuah mistar plastik! Kemudian gosok-gosokkanlah pada kain yang kering selama dua menit!
Lalu sentuhlah permukaan mistar plastik itu!  Apa yang kau rasakan? Setelah kau melaksanakan dua aktivitas tersebut, apakah kau mencicipi panas? Energi panas sanggup dihasilkan dikala terjadi tabrakan antara dua benda. Pada aktivitas di atas, tabrakan antara kedua telapak tanganmu dan tabrakan antara mistar dan kain, sanggup mengakibatkan energi panas.
Selain matahari dan tabrakan antara dua benda, energi panas juga sanggup diperoleh dari api. Pada zaman dahulu, orang mendapat api dengan cara menggosokkan dua buah kerikil yang kering hingga keluar
percikan api. Selain itu, nenek moyang kita dahulu memakai kayu kering kemudian digosok-gosokkan dengan tanah yang kering hingga keluar api. Ternyata tabrakan dua benda antara dua kerikil kering, dan tabrakan antara dua kayu kering sanggup menghasilkan energi panas berupa api. Saat ini api gampang dihasilkan dari korek api dan kompor.
Sumber : Aprilia, BSE IPA Kelas 4 dengan penyesuaian
5.    Kata kunci pada pargraf pertama ….
a.  Cara menghasilkan energi panas
c.  Kegunan matahari
b.  Kegunaan matahari
d.  Sumber energi panas
6.    Sumber energi panas yaitu…
a.  Matahari dan api
c.  Matahari dan angin
b.  Matahari dan air
d.  Matahari  dan udara
7.    Sumber energi terbesar di bumi adalah..
a.  Angin
c.  Matahari
b.  Api
d.  Air
8.    Kesimpulan dari bacaan di atas adalah…
a.  Energi panas mempunyai banyak manfaat bagi manusia.
c.   Energi panas sanggup dihasilkan dengan memakai matahari.
b.   Energi matahari sanggup menerangi bumi.

d.  Sumber energi panas ada di sekitar kita dan sumber energi panas terbesar yakni matahari.
(IPA No 9- 12)
9.    Manfaat sumber energi panas yang berasal dari matahari kecuali…
a.  Pembangkit tenaga listrik
c.  Mengeringkan jemuran pakaian
b.  Menghangatkan ruangan
d.  Menghaluskan pakaian
10. Perubahan suatu benda yang menjadi berkurangnya panjang, lebar, dan luas alasannya yakni terkena suhu hirau taacuh disebut...
a.  Pengkristalan
c.  Penyusutan
b.  Pencairan
d.  Pemuaian

11. Salah satu energi yang sanggup diterima dan dilepaskan oleh suatu benda adalah..
a.  Derajat

c. Kalor
b.  Celcius

d.  Suhu

12. Perubahan suatu benda yang sanggup menjadi bertambah panjang, lebar, luas, atau berubah volumenya alasannya yakni terkena kalor atau panas disebut…
a.  Penyusutan
c. Pencairan 
b.  Pemuaian
d. Pembekuan
(IPS No 13- 16)
13. Dampak negatif interaksi insan dengan lingkungan alam adalah…
a.   Kebutuhan insan terpenuhi
c.  Bertambahnya polusi udara 
b.  Sebagai tempat rekreasi
d. Keaslian alam terjaga
14. Interaksi manusia yang harus menyesuaikan diri dengan alam adalah…
a.  Membersihkan lingkungan
c.  Menanam padi
b.  Menjaga lingkungan
d.  Hujan buatan
15. Interaksi insan dengan lingkungan yang kurang baik, juga sanggup menyebabkan beberapa peristiwa yang merugikan insan diantaranya, kecuali
a.  Kerusakan insan
c.  Kebakaran hutan
b.  Tanah longsor
d.  Banjir sampah
16. Interaksi insan dengan alam ada yang berdampak baik dan ada yang berdampak buruk. Perilaku masyarakat yang suka melaksanakan penebangan hutan hutan liar sanggup menyebabkan…
a.   Memelihara kehidupan binatang
c.   Tanah longsor
b.   Hutan menjadi subur
d.   Rumah rusak
(SBdP No 17- 20)
17. Tangga nada pada lagu Cublak- Cublak Suweng adalah…
a.  Kromatis
c.  Slendro
b.  Melodis
d.  Pelog
18. Tangga nada yang memakai susunan nada yang berbunyi menyerupai nada-nada do – mi – fa- sol – si adalah..
a.  Kromatis
c.  Slendro
b.  Melodis
d.  Pelog
19  Gamelan yakni salah satu alat musik yang dipakai untuk mengiringi lagu-lagu pada tangga nada
a.  Kromatis
c.  Pentatonis
b.  Romantic
d.  Diatonis
20. Tangga nada pada lagu Cingcangkeling adalah…
a.  Kromatis
c.  Slendro
b.  Melodis
d.  Pelog

II.      Jawablah pertanyaan di bawah in dengan sempurna !
21. Sebutkan hak dan kewajiban sebagai seorang nelayan!
22. Jelaskan perbedaan hak, kewajiban, dan tanggung jawab!
(Teks  bacaan soal No 23-24)
Perpindahan Panas atau Kalor

Pernahkah kau membantu ibumu memasak sayur? Tahukah kau mengapa  api kompor sanggup memanaskan air dalam panci sehingga sayuran yang ada di dalamnya menjadi matang? Ketika kau memasak sayuran,  panas dari api kompor berpindah ke dalam panci. Kemudian, panas tersebut berpindah ke dalam air sehingga air menjadi panas dan sayuran yang ada di dalamnya menjadi matang. Peristiwa tersebut menandakan bahwa panas sanggup berpindah.
Letak matahari dari planet kita ini sangat jauh, yaitu sekitar 152.100.000 km (Seratus lima puluh dua juta seratus ribu kilometer).  Akan tetapi, panas dari matahari sanggup berpindah atau merambat ke
planet kita sehingga kita sanggup mencicipi hangatnya sinar matahari. Andai saja panas matahari tidak sanggup berpindah ke bumi, dapatkah kau membayangkan bagaimana keadaan bumi kita ini?
Panas berpindah dari benda yang  bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah. Bagaimana panas sanggup berpindah? Panas sanggup berpindah melalui tiga cara yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi. Konduksi yakni cara perpindahan panas melalui zat mediator menyerupai benda padat. Contoh konduksi yakni panci  logam yang panas alasannya yakni diletakkan di atas kompor yang berapi. Konveksi yakni perpindahan panas yang disertai dengan perpindahan potongan zat perantaranya. Misalnya, air di
dalam panci yang dipanaskan hingga mendidih. Sedangkan radiasi yakni cara perpindahan panas dengan pancaran yang tidak membutuhkan zat perantara. Peristiwa radiasi yang terjadi sehari-hari yakni sinar matahari yang hingga ke bumi dan menghangatkan udara serta makhluk hidup di bumi. 
Sumber : IPA BSE kelas 5, Pusat Perbukuan, 2010
23. Sebutkan hal- hal penting yang terdapat pada paragraph pertama!
24. Buatlah  kesimpulan dari bacaan di atas!
25. Sebutkan dan jelaskan tiga cara perpindahan (Kalor)!
26. Sebutkan pola perpindahan panas (kalor) secara radiasi!
27. Sebutkan interaksi insan yang mempunyai imbas positif bagi masyarakat dan lingkungan!
28. Sebutkan 3 jenis kebutuhan manusia!
29. Pola lantai adalah…
30. Sebutkan macam-macam pola lantai dalam sebuah tarian!


No soal
Mata pelajaran
Kompetensi dasar
Skor nilai































KUNCI JAWABAN
1
C
2
A
3
A
4
C
5
D
6
A
7
C
8
D
9
D
10
C
11
C
12
B
13
C
14
C
15
A
16
C
17
C
18
D
19
C
20
C

21. Hak sebagai seorang nelayan:
·         Mngambil ikan di bahari untuk memenuhi kebutuhan hidup.
·         Memanfaatkan sumber daya bahari dengan baik
·         Mengambil ikan sesuai dengan kebutuhan
Kewajiban nelayan:
·         Menjaga ekosistem laut
·         Mematuhi peratutan pemerintah
·         Menjual tangkapan ikan sebagai kebutuhan
22. Perbedaan hak, kewajiban, dan tanggung jawab
·         Hak yakni segala sesuatu yang harus di dapatkan oleh setiap orang yang telah ada semenjak lahir bahkan sebelum lahir.
·         Kewajiban berdasarkan KBBI yakni sesuatu yang diwajibkan, sesuatu yang harus dilaksankan, keharusan, sesuatu yang harus dilaksanakan, atau juga tugas, dan hak kiprah berdasarkan hukum.
·         Tanggung jawab yakni kesadaran insan akan tingkah laris atau perbuatan yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. 
23. Hal- hal penting pada paragraph pertama:
·         Api kompor sanggup memanaskan air dan sayuran di dalam panci.
·         Panas dari api kompor berpindah ke dalam panci.
·         Panas dari panci berpindah ke dalam air sehingga menjadi panas dan sayuran yang di dalamnya menjadi masak.
24.  Perpindahan panas sanggup terjadi melalui 3 cara, yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi. Konduksi
adalah cara perpindahan panas melalui zat mediator menyerupai benda padat. Contoh konduksi yakni panci  logam yang panas alasannya yakni diletakkan di atas kompor yang berapi. Konveksi yakni perpindahan panas yang disertai dengan perpindahan potongan zat perantaranya. Misalnya, air di dalam panci yang dipanaskan hingga mendidih. Sedangkan radiasi yakni cara perpindahan panas dengan pancaran yang tidak membutuhkan zat perantara.
25. Tiga cara perpindahan panas:
1.    Konduksi yakni cara perpindahan panas melalui zat mediator menyerupai benda padat.
2.    Konveksi yakni perpindahan panas yang disertai dengan perpindahan potongan zat perantaranya. Radiasi yakni cara perpindahan panas dengan pancaran yang tidak membutuhkan zat perantara.
26. contoh perpindahan panas (kalor) secara radiasi yaitu : api lilin yang terasa panas dikala di dekatnya, cahaya (panas) matahari hingga ke bumi, orang-orang di sekitar api unggun yang merasa hangat.
27. Dampak positif interaksi insan dengan alam:
·         Alam terkelola dengan baik
·         Kebutuhan insan terpenuhi
·         Keaslian alam terjaga
·         Manusia bisa menciptakan penemuan/experimen dari alam
·         Sebagai sumber pangan manusia
·         Sebagai tempat rekreasi
28. Kebutuhan pokok/ primer
Kebutuhan tambahan/ sekunder
Kebutuhan tersier
29. Pola lantai yakni Bentuk atau gugusan tertentu yang dibentuk penari dalam sebuah tari
30. Macam-macam pola lantai dalam sebuah tarian:
1.    Pola lantai vertical
2.    Pola lantai horizontal
3.    Pola lantai diagonal
4.    Pola lantai garis melingkar 


Demikian Soal UTS kelas 5 semester 2 K13 revisi 2018 kami bagikan, silahkan download bagi yang membutuhkan, supaya bermanfaat untuk kita semua.

Belum ada Komentar untuk "✔ Kumpulan Soal Tematik, Matematika, Pjok, Pai Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Beserta Kunci Jawaban"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel