Terbaru - 5 Tips Cara Mudah Belajar Matematika Untuk Anak Sekolah

https://pixabay.com/id/

Siapa yang gak suka matematika? Hayoo ngaku aja hehe... Jika Kamu merasa kesulitan dalam belajar matematika, sekarang kamu sudah berada di tempat yang tepat. Karena melalui tulisan ini saya akan kasih tau bagaimana sih cara memahami matematika dengan mudah.

Tidak bisa dipungkiri memang, jika matematika menjadi salah mata pelajaran yang tidak disenangi oleh sebagian besar siswa sekolah. Ada beberapa faktor kenapa matematika tidak disukai oleh banyak siswa.

Namun, apapun itu alasannya, matematika tetap menjadi salah satu mata pelajaran yang wajib di sekolah. Mata pelajaran ini menjadi salah satu mata pelajaran penting, terbukti dengan banyaknya jam pelajaran matematika dalam seminggu.

Saking pentingnya matematika, pelajaran ini selalu ada pada setiap jenjang pendidikan, mulai dari sekola dasar sampai ke perguruan tinggi. Nah, lalu bagaimana cara mudah belajar matematika agar cepat paham? Dibawah ini ada beberapa tips belajar matematika untuk kamu.

1. Konsistensi Dalam Belajar

Konsistensi menjadi hal yang paling penting dalam berbagai hal, termasuk juga dalam belajar. Kenapa konsistensi disimpan paling awal? Karena belajar matematika itu tidak bisa sebentar. Dibutuhkan kesabaran dalam belajar matematika, sebab dalam memahami materi adakalanya tidak bisa paham hanya dalam satu kali belajar, sehingga perlu adanya konsistensi yang baik.

Jika kamu pernah mendengar sebuah istilah yakni SKS (Sistem Kebut Semalam) yang mengharuskan kamu untuk belajar tepat satu malam sebelum ulangan atau ujian. Nah, sebenarnya kamu perlu menghindari cara belajar yang seperti ini. Selain tidak efektif, kamu malah akan lelah di pagi harinya karena kamu belajar semalaman, sehingga kamu tidak punya waktu untuk istirahat.

2. Pahami rumusnya, bukan hafal

Pelajaran matematika memiliki banyak rumus yang perlu dikuasai, mulai dari rumus bangun ruang, bangun datar, logaritma, aljabar, trigonometri, dan sebagainya. Menghafal rumus tentu berbeda dengan menghafal materi pelajaran yang banyak materi hafalannya seperti IPS, PKn,  dan sebagainya.

Kalau rumus hanya dihafal, tentu saja sulit. Rumus matematika seharusnya dipahami, bukan dihafal. Meski hafal rumus, tapi kalau cara penggunaanya tidak bisa, bagaimana mau bisa mengerjakan soal?

Maka dari itu, memahami rumus lebih penting daripada sekadar menghafal rumus. Saya sarankan agar kamu belajar matematika di Edumatik, karena disitu dijelaskan materi-materi matematika secara detail. Mulai dari pembuktian rumus, materi inti, contoh soal, dan jawabannya.

Misal, kamu ingin memahami rumus volume tabung. Kamu bisa memulainya dengan memahami kalau tabung itu merupakan salah satu bangunan prisma. Kamu masih ingat kan rumus volume prisma? Ya betul, rumusnya adalah luas alas dikali tinggi.

Karena luas alas tabung berbentuk lingkaran, maka pada rumus volume tabung pasti terdapat rumus luas lingkaran. Jadi, tidak hanya sekadar menghafal volume tabung = πr²t, tapi juga tahu langkahnya.

3. Tidak Usah Malu Bertanya

Salah satu hal yang menjadi kendala saat belajar biasanya karena rasa malu jika ingin bertanya kepada guru atau kepada teman yang lebih tahu. Padahal, rasa malu akan sangat merugikan diri kamu sendiri karena menghambatmu untuk paham.

Pernah mendengar istilah malu bertanya sesat dijalan? Saya yakin pasti kamu pernah mendengar istilah itu, setidaknya barusan hahaha. Yap benar sekali, jika kamu sedang kesulitan memahami matematika tapi kamu gak pernah mau bertanya kepada orang pastinya kamu akan sesat dalam memahami konsep matematika.

Sebenarnya tidak ada salahnya kalau kamu  bertanya kepada orang yang lebih tahu. Kamu bisa bertanya soal matematika pada kakakmu, atau mungkin Bapak dan Ibu dan juga teman temanmu, bila perlu tanyakan aja langsung kepada guru disaat beliau sedang tidak sibuk. Saya yakin beliaupun akan membantu kok.

Mulai saat ini, beranikanlah dirimu untuk bertanya tentang sesuatu yang belum kamu pahami. Bukan hanya matematika saja, pelajaran lainpun sama. Yuk berubah!

4. Berlatih Bersama Teman-Teman

Kalau kamu menemui soal yang susah, coba bertanya pada temanmu, berdiskusi untuk memecahkan persoalan bersama-sama. Atau kamu bisa membuat kelompok belajar, ketika ada tugas dari sekolah bisa dikerjakan secara bersama-sama.

Jangan salah lho, kelompok belajar itu sangatlah efektif untuk menyelesaikan masalah jika serius dalam belajarnya. Kok bisa? Jelas bisalah, karena kan yang memecahkan masalahnya bukan hanya satu orang yang mikir, tapi ada banyak. Jadi bisa cepat kelar tuh masalahnya, ya kan?

Dalam diskusi kelompok kamu bisa bertanya atau sebaliknya, kamu juga bisa menjelaskan apa yang kamu pahami ketika teman bertanya tentang matematika. Perlu diingat yaa meski kerja kelompok, kamu tetap harus berusaha mengerjakannya sendiri, bukan bergantung pada jawaban teman.

5. Banyak berlatih soal

Jika kamu sudah paham dengan materi matematika dan sudah tau bagaimana cara menyelesaikan salah satu soal, selajutnya kamu harus melatihnya dengan berbagai jenis soal. Karena banyak siswa ketika paham dengan satu soal dia tidak bisa mengerjakan soal yang bentuknya berbeda, padahal konsepnya masih menggunakan materi tersebut.

Berlatih sola ini bisa kamu bawa kedalam forum diskusi yang sudah disebutkan diatas, jadi dalam diskusi tersebut bukan hanya membahas materi saja, tapi bisa juga membahas soal-soal ataupun tugas rumah lainya.

Sekali lagi matematika adalah mata pelajaran dengan basis perhitungan. Jadi, tidak hanya sekadar hafal dan paham rumus saja. Kamu harus bisa menerapkan rumus untuk menjawab berbagai tipe soal.

Baiklah, sementara itu dulu tips dan trik cara mudah berguru matematika dari saya, semoga tulisan ini membuat kamu tambah semangat dalam belajar matematika. Oh ya jika tulisan ini bermanfaat silahkan share kesemua media sosial kamu, agar orang lain mendapatkan manfaat dari tulisan ini.

Jika ingin mendapatkan informasi lebih banyak terkait pelajaran matematika dapat mengunjungi situs berikut https://edumatik.net/ 

Thank you,,,

Belum ada Komentar untuk "Terbaru - 5 Tips Cara Mudah Belajar Matematika Untuk Anak Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel