Terbaru - Contoh Laporan Rancangan Aktualisasi Latsar Cpns Guru


Perhatian : Lihat Tampilan Melalui Dekstop, Laptop, Notebook, PC atau Komputer untuk tampilan yang lebih baik (versi mobile mungkin membuat hukum penulisan tidak nyaman)


LAPORAN AKTUALISASI DAN HABITUASI NILAI-NILAI DASAR PNS
MAKSIMALISASI PENGGUNAAN APLIKASI GAME  KIDS  SPELLING MATCHING PADA KELAS VIII SMP NEGERI 28 SINJAI




Disusun oleh:

NAMA PESERTA     :           LASMIARNI, S. Pd
NIP                              :           19931122 202003 2 021
NO. URUT ABSEN   :           28
KELAS                       :           SINJAI
  

PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
KEMENTERIAN DALAM NEGERI
REGIONAL MAKASSAR
TAHUN 2020

Kata Pengantar


Pelaksanaan aktualisasi ini akan dilaksanakan di SMP Negeri 28 Sinjai kelas VII. Sekolah yang didirikan pada tanggal 17 Juli 2020 ini terletak di Desa Kompang Kecamatan Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai. Awalnya sekolah ini berjulukan SMPN Satu Atap Karangko kemudian di awal tahun 2020 berubah nama menjadi Sekolah Menengah Pertama Negeri 28 Sinjai berdasarkan Peraturan Bupati Sinjai.


Berdasarkan informasi yang penulis dapatkan bekerjsama di Sekolah Menengah Pertama Negeri 28 Sinjai terdapat beberapa permasalahan terkait kemampuan siswa khususnya kemampuan berbahasa Inggris. Permasalahn tersebut diantaranya lemahnya penguasaan kosa kata Bahasa Inggris siswa, rendahnya budaya literasi Bahasa Inggris di kalangan siswa dan minimnya penggunaan Bahasa Inggris antar siswa di lingkungan sekolah. 

Hal tersebut dilatarbelakangi sebab rendahnya minat siswa untuk belajar Bahasa Inggris. Di sinilah penulis ingin mengambil kiprah untuk memperlihatkan inovasi dalam bentuk Maksimalisasi penggunaan aplikasi game  kids  spelling matching pada kelas VIII SMP NEGERI 28 SINJAI.

Tujuan 

Adapun tujuan dari aktivitas aktualisasi ini:
1. Agar para peserta Latsar bisa memahami sepenuhnya pembelajaran yang didapatkan yaitu menyangkut ihwal ANEKA (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Anti Korupsi), Pelayanan Publik, Manajemen ASN dan Whole of Government dengan pribadi mengaplikasikannya di lingkungan kerja yang dalam hal ini di Sekolah Menengah Pertama Negeri 28 Sinjai
2. Peserta yang telah menerima sertifikat kelulusan Latsar CPNS Golongan III, yang nantinya diharapkan mampu langsung mengaplikasikannya di Instansi kerja masing-masing untuk dapat kemudian menjadi Aparatur Sipil Negara yang mempunyai integritas dan kompetensi.

Manfaat

Manfaat bagi penerima diklat :
1. Mampu menginternalisasi dan mengimplementasikan nilai-nilai dasar ASN (ANEKA) kepada diri sendiri maupun dalam pekerjaan yang dilakukan;
2. Mampu melaksanakan kiprah dan perintah sesuai peraturan perundang-ajakan yang  berlaku;
3. Mampu menambah kompetensi diri dan keahlian yang berdaya guna, dinamis dan bermanfaat bagi diri sendiri maupun bagi lingkungan kerja.

BAB II
GAMBARAN UMUM LOKASI AKTUALISASI

Profil Organisasi 
Sejarah
SMP Negeri 28 Sinjai pada awal berdirinya bernama SMPN Satap Karangko. Sesuai namanya SMPN Satap Karangko dibangun di tempat yang sama dengan sebuah SD. Didirikan pada tanggal 17 Juli 2020 terletak di Desa Kompang, Kecamatan Sinjai tengah, kabupaten Sinjai dengan posisi geografis lintang -5,2205 bujur 120,0786. 

Selama 12 tahun semenjak didirikannya, sekolah ini telah mengalami pergantian Kepala Sekolah sebanyak dua kali yakni Muh. Nasir, S.Pd (2020-2020) dan Aras, S.Pd (2020-sekarang).

Pada tahun 2020 SMPN Satap Karangko mengalami perubahan nama menjadi SMP Negeri 28 Sinjai menurut Peraturan Bupati Sinjai.

Visi dan Misi Organisasi 

Visi :  
Terwujudnya generasi yang berprestasi, berkarakter, berlandaskan iman dantaqwa 
Misi : 
  1. Menanamkan keyakinan/keyakinan melalui pengamalan ajaran agama
  2. Meningkatkan mutu pendidikan dalam upaya mencerdaskan kehidupan generasi yang bermoral, kreatif, berkarakter, maju dan mampu berdiri diatas kaki sendiri
  3. Mengembangkan pengetahuan di bidang IPTEK
  4. Mengoptimalkan proses pembelajaran dan bimbingan
  5. Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana sekolah
  6. Melaksanakan pengembangan kelembagaan dan administrasi sekolah
  7. Mewujudkan pengembangan sistem penilaian sesuai dengan pedoman evaluasi
  8. Mengoptimalkan sumber pembiayaan dan pengelolaan biaya pendidikan
  9. Meningkatkan aktivitas keagamaan


Nilai-Nilai Organisasi
Nilai-nilai organisasi yang diterapkan di SMP Negeri 28 Sinjai yaitu nilai yang berkaitan dengan visi SMP Negeri 28 Sinjai yakni berprestasi, berkarakter, berlandaskan Iman danTaqwa.

Penetapan Isu
Alat analisis kriteria warta yang digunakan dalam penulisan rancangan aktualisasi ini adalah alat analisis APKL (Aktual, Problematika,Kekhalayakan, Layakan).
No.
Isu
Kriteria
Jumlah Skor
A
P
K
L
1.
Lemahnya penguasaan kosa kata Bahasa Inggris siswa

5
4
4
5
18
2.
Rendahnya budaya literasi Bahasa Inggris di kalangan siswa

5
4
4
4
17
3.
Minimnya penggunaan Bahasa Inggris antar siswa di lingkungan sekolah
4
3
3
3
13

Isu yang diangkat : Lemahnya penguasaan kosa kata Bahasa Inggris siswa

Gagasan Pemecahan Isu : Memaksimalkan penggunaan aplikasi game  kids  spelling matching pada kelas VII SMP NEGERI 28 SINJAI


Hasil Aktualisasi dan Analisis Dampak
Kegiatan 1

Kegiatan
Melaporkan rancangan aktualisasi kepada pimpinan
Waktu Pelaksanaan
Senin, 15 Juli 2020
Lampiran Kegiatan

Terlampir
Capaian Kegiatan
Terlaksana
Tahapan Kegiatan
·         Mengkonsultasikan kepada pimpinan mengenai rancangan aktualisasi
·         Membuat rangkuman hasil konsultasi

Output/Hasil Kegiatan
· Terkonsultasinya rancangan aktualisasi
· Tersedianya rangkuman hasil konsultasi

Keterkaitan dengan mata pelatihan
Etika Publik (Sopan dan santun)
Adanya indikator Sopan dan santun dalam melakukan konsultasi dengan atasan, dalam hal ini sopan dan santun terwujud melalui perilaku mengetuk pintu, memberi salam, mohon izin masuk, duduk bila sudah dipersilahkan, mengutarakan maksud dan tujuan dengan bahasa yang teratur, serta memperhatikan arahan dengan saksama.

Akuntabilitas (Transparan)
Indikator transparan dalam hal ini terlihat dari upaya untuk mengutarakan maksud sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada.

Komitmen mutu (Cermat dan Teliti)
Indikator Cermat dan Telitidalam nilai ini dapat terwujud melalui ketelitian dalam membuat rangkuman hasil konsultasi yang sesuai dengan apa yang disampaikan oleh atasan

Kontribusi terhadap Visi dan Misi Organisasi
Melalui Kegiatan melaporkan rancangan kegiatan kepada pimpinan dikaitkan dengan Visi Organisasi yaitu: terwujudnya generasi yang berprestasi, berkarakter, berlandaskan iman dan taqwa, 

serta Misi Organisasiyang ke-3 yaitu: Mengembangkan pengetahuan di bidang IPTEK , karena kegiatan ini dimaksudkan mampu meningkatkan kemampuan bahasa inggris siswa di SMPN 28 Sinjai melalui pembelajaran berbasis android (aplikasi game kids spelling matching )


Penguatan Nilai
Berprestasi dan Berkarakter
Dalam penguatan terhadap nilai organisasi yaitu berprestasi, berkarakter, dan berlandaskan iman dan taqwa penggunaan aplikasi game kids spelling guna meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris siswa  sehingga nilai berprestasi dan berkarakter akan bisa diwujudkan.

Analisis Dampak
Jika kegiatan ini tidak dilaksanakan dengan menerapkan nilai-nilai dasar ASN yaitu Etika Publik, Akuntabilitas dan Komitmen Mutu maka kegiatan ini tidak akan terlaksana dengan baik dan bisa saja apabila nilai-nilai dasar ini tidak diterapkan akan memberikan dampak yang kurang baik. Jika nilai Etika Publik tidak diterapkan dalam kegiatan ini, maka berkonsultasi dengan pimpinan dalam hal ini adalah Kepala Sekolah selaku pemegang tanggung jawab tertinggi di sekolah maka kegiatan aktualisasi ini  akan mengalami hambatan. 

Jika tahapan ini tidak dilakukan dengan sopan dan santun, maka atasan akan kurang berkenan ketika kita ingin melakukan konsultasi kembali, dan juga hal yang akan dikonsultasikan akan terhambat. Hal ini menunjukkan adanya sikap sopan santun dan menghargai atasan amatlah penting. 

Jika nilai akuntabilitas tidak diterapkan yakni mengutarakan maksud sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada maka arahan ataupun masukan yang disampaikan atasan tidak akan efektif dan jika nilai komitmen mutu tidak diterapkan yakni cermat dan teliti akan memungkinkan kita membuat rangkuman yang tidak sesuai dengan arahan atasan serta tidak mampu memilah masukan mana yang lebih efektif untuk dilaksanakan dalam kegiatan aktualisasi.


Kegiatan 1

Kegiatan
Menyusun rancangan perangkat pembelajaran (RPP)
Waktu Pelaksanaan
Selasa, 16 Juli 2020 s/d Kamis, 18 Juli 2020
Lampiran Kegiatan
Terlampir
Capaian Kegiatan
Terlaksana
Tahapan Kegiatan

·         Menyusun RPP berdasarkan langkah-langkah penyusunan rancangan perangkat pembelajaran (RPP)

·         Mencetak (print out) rancangan perangkat pembelajaran (RPP)

·         Melaporkan dan memperlihatkan kepada pimpinan rancangan perangkat pembelajaran (RPP) yang telah dibuat

Output/Hasil Kegiatan

· Tersusunnya rancangan perangkat pembelajaran (RPP)

· Tercetaknya (printed out) rancangan perangkat pembelajaran (RPP)

· Teridentifikasinya oleh pimpinan rancangan perangkat pembelajaran (RPP) yang telah dibuat

Keterkaitan dengan mata pelatihan
Komitmen Mutu (Inovasi, cermat dan teliti)
Indikator Inovasi  dalam hal ini dapat dilihat dari upaya menyusun RPP dengan merancang media pembelajaran berbasis android dalam proses pembelajaran agar meningkatkan minat siswa dalam pelajaran Bahasa Inggris. Sedangkan cermat dan teliti dapat dilihat
dari upaya mencetak RPP yang dilakukan dilakukan dengan cermat dan teliti agar tersusun dengan baik

Nasionalisme (Kerja Keras)
Indikator kerja keras pada nilai nasionalisme dalam kegiatan ini dapat dilihat dari upaya penyusunan RPP yang sesuai dengan langkah-langkah penyusunan RPP serta berusaha menyusun langkah-langkah pembelajaran yang cukup efektif bagi siswa dan guru.

Akuntabilitas (Tanggung Jawab)
Indikator Tanggung jawab diwujudkan melalui upaya memenuhi salah satu tugas dan fungsi guru yakni merencanakan pembelajaran serta menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis.

Etika Publik (Sopan dan Santun)
Indikator sopan dan santun dalam kegiatan ini dapat terwujud melalui perilaku ketika memperlihatkan RPP tersebut kepada pimpinan yakni dengan mengetuk pintu, memberi salam, mohon izin masuk, duduk bila sudah dipersilahkan, mengutarakan maksud dan tujuan dengan bahasa yang teratur, serta menyimak dengan seksama arahan dari pimpinan.

Kontribusi terhadap Visi dan Misi Organisasi
Melalui kegiatan penyusunan Rancangan perangkat pembelajaran (RPP) dikaitkan dengan Visi Organisasi yaitu: terwujudnya generasi yang berprestasi, berkarakter, berlandaskan iman dan taqwa, 

serta Misi Organisasiyang ke-3 yaitu: Mengembangkan pengetahuan di bidang IPTEK , karena kegiatan ini dimaksudkan mampu meningkatkan kemampuan bahasa inggris siswa di SMPN 28 Sinjai melalui pembelajaran berbasis android (aplikasi game kids spelling matching )

Penguatan Nilai
Berprestasi dan Berkarakter
Dalam penguatan terhadap nilai organisasi yaitu berprestasi, berkarakter, dan berlandaskan iman dan taqwa  penyusunan Rancangan Perangkat Pembelajaran (RPP) guna meningkatkan kemampuan bahasa inggris siswa di SMPN 28 Sinjai melalui pembelajaran berbasis android (aplikasi game kids spelling matching ) sehingga nilai berprestasi dan berkarakter akan bisa diwujudkan.

Analisis Dampak
Penyusunan Perangkat Pembelajaran (RPP) merupakan salah satu kiprah pokok guru guna membuat pembelajaran yang efektif, apabila kegiatan ini tidak dilaksanakan dengan menerapkan nilai dasar berupa nilai janji mutu, nasionalisme, akuntabilitas dan etika publik maka aktivitas ini tidak akan berjalan sesuai yang diperlukan. 

Inovasi yang dilakukan dalam mendesain proses pembelajaran merupakan hal dasar yang harus dilakukan oleh setiap guru sehingga minat siswa untuk mencar ilmu mampu meningkat. Karena apabila kita memilih desain pembelajaran yang selalu sama dengan kata lain tidak melaksanakan inovasi maka siswa akan merasa bosan dan kesannya minat belajarnya akan turun. Kemudian dbutuhan kerja keras dalam menyusun RPP agar metode dan langkah-langkah pembelajaran yang dirancang sesuai dengan kebutuhan siswa. 

 Selain itu, RPP yang dibentuk harus sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan, dalam hal ini merupakan suatu bentuk pertanggungjawaban biar apa yang diajarkan kepada siswa sesuai dengan apa yang akan dieavaluasikan. Selanjutnya ketika RPP dicetak harus dilakukan dengan cermat dan teliti sehingga tersusun dengan rapi. Jika RPP tidak tersusun dengan rapi memungkinkan terjadi hal yang dapat menghambat proses pembelajaran nantinya serta akan mendapat teguran dari pimpinan dalam hal ini kepala sekolah atau pengawas sekolah yang akan berdampak pada evaluasi kinerja guru. 

Kemudian ketika melaporkan rancangan perangkat pembelajaran (RPP) kepada pimpinan, dia tidak bisa mengoreksi bagian tersebut seandainya belahan tersebut masih harus diperbaiki.

Serta harus disertai dengan sikap yang sopan dan santun sebab apabila  sikap kita kurang sopan hal itu menunjukkan kurangnya rasa hormat kita kepada pimpinan dan bisa menjadikan ketersinggungan pada atasan serta komunikasi yang terjalin akan kurang baik dan suasana menjadi kurang nyaman.



Jika menginginkan File POWER POINT, Silakan Berkomentar di bagian bawah artikel ini dan Hubungi Admin Via WA ! (Contact Form)

Baca Juga : Kumpulan Judul Laporan Rancangan Aktualisasi CPNS

Demikianlah artikel yang membahas tentang CONTOH LAPORAN RANCANGAN AKTUALISASI LATSAR CPNS GURU , semoga bermanfaat bagi pencari laporan rancangan aktualisasi latsar

Sukses yah LATSAR nya,,,, Amin

Belum ada Komentar untuk "Terbaru - Contoh Laporan Rancangan Aktualisasi Latsar Cpns Guru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel