Terbaru - #6 Cara Mulai Bisnis Online Yang Perlu Diperhatikan Oleh Pemula

Cara Mulai Bisnis Online Yang Perlu Diperhatikan Oleh Pemula - Ada fakta bahwa jika 10 orang pemula secara bersama-sama mulai bisnis kecil rumahan di internet di tahun pertama, maka hanya akan tersisa 2 orang saja yg masih giat untuk meneruskan bisnis kecil tersebut pada tahun ke-2. Itu artinya, ada peluang sekitar 80% pemula mengalami kegagalan. Gagal mendapatkan uang saat menjalankan bisnis online disebabkan oleh beberapa alasan, hingga mereka umumnya kemudian memutuskan mencari peluang usaha lainnya. 

Tips Memulai Bisnis Online Bagi Pemula


 Cara Mulai Bisnis Online Yang Perlu Diperhatikan Oleh Pemula  Terbaru -  #6 Cara Mulai Bisnis Online Yang Perlu Diperhatikan Oleh Pemula


1. Tentukan Mindset Yang Benar

Tujuan utama dalam berbisnis selain mendapatkan penghasilan juga supaya bisa melayani lebih banyak orang, serta lebih bermanfaat bagi sesama. Maka usahakan mengubah mindset, supaya bisa memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar, dan bagi kebaikan sesama. Dengan begitu, dengan sendirinya akan menemukan alasan mengapa menjalankan bisnis online.

2. Mulai Dengan Jualan

Carilah apa yang dibutuhkan oleh masyarakat atau orang-orang di sekitar. Ciptakan sebuah bisnis yang bisa menjadi problem solver atau solusi atas kebutuhan dan keinginan orang-orang. Selain itu, menukar manfaat yang diberikan, bisa menjadi sebuah bentuk transaksi yang saling menguntungkan.

Kehidupan yang dinamis membuat permasalahan dan kebutuhan manusia terus berkembang. Dengan kepekaan akan kebutuhan masyarakat, kamu bahkan bisa menghasilkan produk atau layanan, yang bisa dijadikan bisnis online baru.

3. Bisnis Online Tanpa Modal

Dalam keadaan minim modal, jangan khawatir melakukan bisnis online. Cukup dengan modal kuota internet, detikers bisa memulai bisnis online rumahan yang bisa dicoba. Dimulai dengan menjual produk orang lain, bisa dengan konsep dropship, reseller, kemitraan dengan produsen, atau sebagai afiliasi produk suatu vendor.

Atau selain produk, kamu juga bisa menawarkan keahlian atau jasa kepada konsumen. Seperti penulis freelancer, desain grafis, admin media sosial, vlogger profesional, pembuatan website online, pembuatan tutorial online, agen properti, dan sebagainya.

4. Online Shop

Namanya juga bisnis online, maka penjualannya pasti memanfaatkan internet.
Yakni, membuat akun atau toko di situs marketplace, situs media sosial, dan aplikasi social chat terlebih dahulu.

Bila brand bisnis online sudah dikenal, memiliki pelanggan, dan terpercaya, maka brand tersebut harus dikembangkan dan lebih serius dilakukan. Yang pertama yakni dengan online shop secara khusus, bisa mulai membuat website sendiri. Bahkan dari website tersebut, bisa dikembangkan menjadi aplikasi layanan atau start up.

5. Promosi Online

Berikan informasi produk atau jasa yang ingin dijual, melalui toko online maupun website. Usahakan untuk menampilkan profil usaha, logo bisnis, galeri produk, atau jasa beserta keterangannya, kontak yang bisa dihubungi, dan cara pemesanannya.

Kemudian memanfaatkan situs sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan situs sosial media lainnya. Selain itu, untuk tingkat promosi yang lebih 'advance', maksimalkan melalui mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing dengan teknik Search Engine Optimization (SEO).

6. Mentor dan Lingkungan Yang positif

Dengan adanya mentor, pebisnis pemula bisa mempercepat proses trial and error yang dibutuhkan selama berproses menuju puncak.

Selain itu, bergabunglah dengan komunitas bisnis dan komunitas-komunitas lain yang mendukung tujuan pebisnis, serta milikilah lingkungan yang positif. Ini juga akan sangat mendukung proses belajar bisnis online, supaya lebih kondusif dan terarah.

Penyebab kegagalan dalam Bisnis Online itu disebabkan oleh:

Pemula tak memperoleh informasi benar seputar bisnis online tersebut. 

Perlu diketahui bahwa saat ini sangat banyak informasi yg membahas tentang bisnis rumahan di internet dengan memakai cara memberi iming-iming misalnya “bisnis rumahan yang mudah tanpa modal”, dengan janji mendapatkan untung besar tapi pada akhirnya malahan merugikan karena tak seorang pun pemula yg berhasil mendapatkan uang seperti janji tersebut. Inginnya mencari uang dengan cepat namun kenyataannya tertipu oleh orang tak bertanggung jawab. Sebaiknya jika seorang karyawan atau ibu rumah tangga bila mau mencari uang di internet maka teliti baik-baik seperti apa cara kerja dari bisnis tersebut. Hal itu perlu dilakukan untuk terhindar berbagai macam usaha penipuan yg semakin banyak saat ini.

Kurang Sabar

Kekurang sabaran merupakan penyebab kedua yg umum terjadi kepada seorang pemula saat belajar menekuni usaha rumahan modal kecil mereka di internet. Kurang sabar dalam belajar, kurang sabar melihat hasil sehingga membuka peluang tidak fokus dalam menjalani proses pembelajaran. Hal seperti itu seharusnya perlu disadari dan diwaspadai para pemula. Menurut pengamatan saya selama ini, jika dalam 1 atau 2 tahun pemula belum dapat menghasilkan uang dari bisnis online mereka (walaupun hanya sekedar uang recehan), maka sebaiknya harus cari tahu (introspeksi) penyebab kegagalan itu. Keputusasaan dan membuat keputusan untuk berhenti belajar adalah bukan jalan keluarnya. Ingat, bahwa tidak ada guru atau mentor tentang bisnis online yg berani memberikan jaminan 100% berhasil dalam kurun waktu tertentu saat pemula mulai belajar mereka. Intinya, bisnis rumahan apapun membutuhkan waktu dan proses belajar sampai nanti mendapatkan uang seperti harapan.

Tidak Fokus

Fokus yaitu hal mutlak yang perlu dipegang teguh oleh pemula ketika menjalani bisnis online. Semakin pemula fokus terhadap sebuah bisnis maka peluang keberhasilan mendapat uang di internet bertambah besar bila dibandingkan bila ia menekuni/menjalani lebih dari 1 macam bisnis secara bersamaan. Oleh sebab itu, gampang berubah pikiran saat mencar ilmu menekuni sebuah peluang bisnis ke peluang bisnis lain sebisa mungkin haruslah dihindari. Sebaiknya para pemula harus menguasai 1 ilmu dulu dan jadilah mahir (menguasai betul) ilham bisnis tersebut. Saat benar-benar telah menguasai maka bolehlah untuk mengembangkannya lagi supaya penghasilan Anda menjadi semakin bertambah besar. 

Fokus kepada satu macam bisnis merupakan keputusan terbaik sampai benar-benar menghasilkan uang dari bisnis rumahan tersebut.

Memiliki usaha sendiri merupakan cita-cita dan harapan orang yg memiliki jiwa kewirausahaan, oleh alasannya itu menjadi penting kalau memilih sebuah macam bisnis yg ingin ditekuni maka perlu memperhatikan modal, ketrampilan dan minat. Makara, siapapun bahu-membahu bisa menjadi seorang pebisnis, entah itu ibu rumah tangga, karyawan atau anak muda, maka bisa memulai atau buka perjuangan rumahan ibu rumah tangga yang menguntungkan walau hanya memiliki modal kecil tapi dengan modal keinginan kuat untuk maju dan siap bekerja keras demi memperbaiki taraf hidupnya maka sukses pun akan tiba menghampirinya. Ayo, jangan malas, mulai bisnis sendiri!

Belum ada Komentar untuk "Terbaru - #6 Cara Mulai Bisnis Online Yang Perlu Diperhatikan Oleh Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel