Terbaru - 8 Manfaat Mengajak Siswa Belajar Di Alam Terbuka

www.pixabay.com

.com - Mengajak para siswa belajar di alam terbuka bukanlah suatu hal yang tabu ataupun suatu hal yang salah. Dengan mengajak para siswa belajar di alam terbuka akan memberikan kesan tersendiri bagi para siswa tersebut.

Manfaat belajar di alam terbuka juga bagus untuk membantu menumbuh kembangkan daya imajinasi anak. Bahkan para siswa akan merasa senang dan bisa mendapatkan pengalaman baru belajar di alam terbuka.

Belajar adalah suatu teknis dimana ada perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Dengan belajar maka akan ada suatu interaksi antara stimulus dengan respon.

Seseorang akan dianggap telah belajar sesuatu jika dirinya sudah dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Menurut teori ini, dalam kegiatan belajar yang terpenting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon dari orang tersebut.

Manfaat Mengajak Para Siswa Belajar di Alam Terbuka


Berkaitan dengan hal tersebut, belajar di alam terbuka (bukan di dalam kelas) adalah salah satu alternatif untuk memberikan input berupa pengalaman ataupun sebuah praktek secara langsung suatu indikator dalam pembelajaran.

Belajar di alam ini bertujuan untuk mendekatkan permasalahan yang sedang dihadapi dengan kenyataan atau fakta yang sebenarnya. Dengan begitu, setiap peserta didik diharapkan bisa lebih ekspresif dalam menuangkan sebuah hasrat dan juga ide-idenya, dimana ketika mereka berada dalam proses pembelajaran dan juga akan terbentuk sikap mandiri dan tangguh (survival child) dalam menghadapi segala tantangan dihdiupan mereka ke depannya.

Manfaat lain yang bisa diperoleh siswa dari mencar ilmu di alam terbuka diantaranya: 


  1. Dapat memperlihatkan kesempatan bagi para pendidik atau guru untuk lebih bisa menyebarkan bentuk materi pembelajaran dan juga menjalankan seni manajemen penyampainnya kepada siswanya.
  2. Dapat memperlihatkan nuansa yang alami dan sesuai dengan potensi siswa (student’s potential) untuk bisa menemukan sebuah konsep-konsep yang gres dari hasil mencar ilmu di alam terbuka.
  3. Dapat memperlihatkan kesempatan bagi para siswa untuk bisa memupuk sikap saling menghargai dan juga bisa memahami dalam merealisasikan akhlakul karimah serta bersosialisasi  terhadap sesama. 
  4. Dapat mewujudkan keterampilan hidup (life skill) yang sedang dialami dalam setiap proses pembelajaran, dengan begitu pendidik bisa memperlihatkan penerima didik untuk berkesempatan untuk melakukannya eksklusif.


Baca juga : 7 Tips Kuliah Sambil Kerja Agar Tak Keteteran

Terkait dengan belajar di alam terbuka, berikut ini akan saya rangkum beberapa alasan mengapa para pendidik atau guru harus mengajak siswa belajar di alam terbuka:

1. Siswa akan lebih gampang dalam memahami suatu hal, jikalau belajar dari benda faktual (nyata)


Dengan mengajak para siswa belajar di alam terbuka apalagi masih bertema alam sekitar, maka mereka akan bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar dari benda yang nyata atau (konkret).

Benda yang nyata ini bisa juga berwujud benda sekitar seperti bebatuan, aneka tanaman, ataupun sekedar mengamati sebuah fenomena alam, misalnya langit yang cerah. Dengan belajar dari sesuatu yang nyata maka mereka akan lebih mudah dalam memahaminya.

2. Siswa akan lebih gampang menanamkan rasa kecintaan pada alam dan Sang Khaliq (Pencipta)


Belajar dengan alam sekitar akan meningkatkan kecintaan siswa tersebut pada alam semesta. Kecintaan siswa pada alam semesta, juga bisa mengarah kepada kecintaan pada Sang Khaliq (Pencipta). Dengan memberikan pengertian ini, maka anak-anak akan semakin terdorong untuk bisa menjaga alam ciptaan Allah SWT dengan sebaik-baiknya.

Keimanan mereka tentang tauhid akan tumbuh dengan baik, mereka akan selalu bersyukur pada Allah SWT. Potensi ruhiyah jiwanya pada Allah SWT melalui hati dan jiwa siswa harus ditumbuhkan dan terus distimulasi dengan kepenciptaanNYA melalui alam raya ini. Karena suatu saat kelak, mereka akan menjadi pemimpin yang menjadikan Allah SWT sebagai Dzat yang berkehendak atas segala sesuatu.

3. Memberikan pengertian bahwa belajar itu tidak harus di dalam kelas (situasi formal)


Dengan belajar di alam terbuka, maka pikiran anak ini akan semakin terbuka. Mereka akan bisa berpikir bahwa kegiatan pembelajaran itu tidak harus dilakukan di dalam kelas saja dan dalam situasi hal yang formal. Namun kegiatan pembelajaran juga bisa dilakukan dimana saja. Sehingga saat anak-anak pulang sekolah pun akan masih tetap terpacu untuk belajar dari lingkungan di sekitar rumahnya.

Terkadang, ada sebagian dari guru atau orangtua menganggap bahwa anak-anak baru bisa dikatakan belajar jika berada dalam kelas.

4. Dapat Memacu keaktifan siswa


Pembelajaran yang terlalu sering di dalam kelas seakan-akan akan mempersempit ruang gerak siswa. Mereka akan merasa terbatas oleh dinding-dinding kelas. Namun bila siswa ini diajak belajar dan terbiasa belajar di luar ruangan atau di alam bebas, maka anak-anak akan menjadi semakin mendapatkan kesempatan untuk bisa berekplorasi secara aktif dan bebas.

5. Lebih Memperkuat otot atau motorik anak


Saat belajar di luar ruangan atau di alam terbuka, para siswa akan bisa leluasa bergerak, berjalan, dan berlari. Hal ini akan dapat menstimulasi kekuatan motorik mereka. Tentunya hal ini akan lebih baik karena dapat memberikan aktivitas fisik yang beragam, misalnya melompat, merangkak, berlari cepat, dan hal lainnya. Variasi ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi anak-anak ataupun pelajar untuk bisa meningkatkan kemampuan motorik mereka.

6. Dapat Meningkatkan keakraban antar siswa dan guru


Belajar di alam terbuka dengan suasana yang santai, maka siswa pun akan semakin rileks, terutama saat mereka hendak bercakap-cakap berossialisasi dengan sesama teman maupun bercakap-cakap dengan sang guru. Suasana santai inilah yang nantinya dapat membuat mereka menjadi semakin akrab satu sama lainnya, dan tentunya hal ini bisa memacu kecerdasan sosialnya.

7. Memberikan Mereka kesempatan dan mencicipi sesuatu secara nyata


Bisa melakukan suatu hal seperti menyirami dan memupuk bunga? Cara menanam tanaman bunga secara nyata? Cara menyapu halaman sekolah yang baik dan benar?

Jarang-jarang ada siswa mengalami sesuatu secara nyata bila hanya belajar di dalam kelas. Dengan mengajak anak belajar di alam terbuka, para siswa akan belajar tentang cara melakukan suatu hal yang baru atau mengalami sesuatu yang berhubungan dengan alam sekitar.

8. Dapat memperluas pandangan siswa, bahwa berguru bisa menggunakan apa saja


Mintalah salah satu dari siswa Anda untuk mengumpulkan batu kerikil, dengan jumlah yang kita ucapkan, atau mintalah salah satu dari mereka untuk menyebutkan nama warna-warna bunga yang ada di taman sekolah yang mereka lihat.

Dengan mengajak mereka belajar menggunakan beragam benda-benda di sekitar, hal ini akan dapat memperluas pandangan mereka, bahwa media pembelajaran itu tidak harus sesuatu hal yang diproduksi oleh pabrik ataupun yang harus beli. Namun mereka bisa mendapatkan media pembelajjaran dari sumber atau media mana pun, terutama dari lingkungan sekitar mereka.

Nah, jadi ada banyak sekali manfaat mengajak anak untuk belajar di alam terbuka. Jadi, buat kalian para guru bisa mencoba untuk menerapkan hal ini sekolah kalian. Karena berada di lingkungan luar akan memberikan kesempatan lebih kepada peserta didik untuk bisa bergerak, bereksplorasi, dan juga melakukan berbagai hal lainnya.

Buatlah suasana proses pembelajaran yang Anda pimpin menjadi menyenangkan, sehingga mereka tidak berpikir bahwa belajar adalah kegiatan yang sangat membosankan seperti halnya belajar yang selalu di dalam kelas.

Demikianlah artikel yang membahas 8 Manfaat Mengajak Siswa Belajar di Alam Terbuka, semoga bermanfaat bagi kita semua !

Belum ada Komentar untuk "Terbaru - 8 Manfaat Mengajak Siswa Belajar Di Alam Terbuka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel