Terbaru - Pengertian, Unsur Dan Etika Dalam Diskusi

www.haloprofesi.com

Pengertian Diskusi


Diskusi adalah salah satu bentuk kegiatan untuk bertukar pikiran dan pendapat, yang dilakukan oleh 2 orang atau lebih untuk memecahkan masalah dan mencapai kesepakatan bersama, dengan berdiskusi kita juga dapat memperluas dan memperkaya wawasan kita.

Dalam sebuah diskusi , diperlukan adanya seorang ketua / pemimpin diskusi, moderator / pemandu, sekretaris, peserta, pembicara diskusi, dan pengamat. Untuk diskusi formal, semua unsur harus ada, sedangkan untuk diskusi kecil terkadang tidak ada pengamat.

Selain itu, pemandu dan pembicara terkadang dirangkap menjadi satu orang. Secara ringkas, penerbit unsur - unsur diskusi antara lain :

1 . Ketua diskusi / Moderator


Ketua / pemandu diskusi mempunyai tugas antara lain : membuat persiapan diskusi, membuka diskusi, mengemukakan tujuan diskusi, menetapkan dan mengatur waktu diskusi , mengatur arus pertukaran pendapat , menjaga agar minat peserta tetap besar, dan menjaga agar diskusi terus berjalan.

Pemandu diskusi juga haruslah memiliki kepandaian untuk bisa menghidupkan suasana, taktis berbicara, objektif, tegas, ramah, sabar, dan lugas.

2. Sekretaris / notulis


Sekretaris ataupun juga notulis mempunyai tugas untuk mencatat proses pada saat berjalannya diskusi, membantu kelancaran diskusi, dan bersama ketua dalam menyimpulkan hasil diskusi .

3 . Anggota / penerima


Peserta ataupun juga  anggota memiliki tugas untuk lebih aktif dalam mengikuti diskusi, menjaga kelancaran diskusi, dan juga tertib selama diskusi berlangsung .

4. Pembicara / panelis


Pembicara ( panelis ) berfungsi sebagai narasumber / penceramah / pemrasaran . Selain itu , pembicara menyampaikan makalah / prasaran.

Etika Diskusi


Dalam sebuah diskusi , hendaknya ada etika atau hal - hal yang harus diperhatikan . Untuk itu perlu ada aturan main yang jelas . Setiap unsur yang terlibat dalam diskusi harus mengetahui, memahami , dan melaksanakan perannya sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya .

Hal - hal yang harus diperhatikan oleh ketua diskusi antara lain : 


  1.  memahami aturan main diskusi ; 
  2.  memimpin diskusi dengan sabar , ramah , jujur , dan tidak memihak ; 
  3.  menghargai setiap pendapat ; 
  4.  berbahasa yang efektif dan sopan ; 
  5.  menengahi dilema apabila ada ketegangan ;
  6.  menyimpulkan pembicaraan yang dikemukakan peserta ; 
  7.  bijaksana, tegas, dan disiplin.


Etika sekretaris antara lain : 


  1. tanggap, maksudnya dapat cepat mengetahui , memahami , dan mengerti pokok - pokok pembicaraan ; 
  2. tangkas, maksudnya cekatan, sigap, dan gesit dalam memahami dan menangkap isi permasalahan ; 
  3. tangguh, maksudnya besar lengan berkuasa dalam pendirian dan prinsip ; 
  4. teliti, maksudnya hati - hati dan cermat dalam mencatat pandangan baru, gagasan, pandangan, ulasan, sanggahan atau proposal . 


Etika akseptor diskusi antara lain : 


  1.  mempersiapkan diri sebaik - baiknya ; 
  2.  ikut serta dalam pembicaraan dengan penuh perhatian ;
  3.  peka terhadap teknik - teknik diskusi ; 
  4.  berbicara melalui moderator ; 
  5.  berbahasa dengan baik dan sopan ; 
  6.  dihentikan memaksakan pendapat ; 
  7.  menyanggah berdasarkan bukti dan fakta yang sempurna ; 
  8.  menghindarkan hal - hal yang mengganggu diskusi .


Contoh - pola kalimat dalam diskusi . 

  • Pemimpin dalam sebuah diskusi membuka diskusi " Saudara - saudara , perkenankanlah saya menyampaikan rasa terima kasih atas kesediaan Saudara sekalian dalam menghadiri pertemuan pada pagi hari ini . Oleh lantaran semua yang diundang sudah hadir, diskusi pada pagihari ini segera saya buka . " ( ketok palu )
  • ''Sesuai dengan kegiatan yang telah ditentukan , dilema yang akan kita diskusikan yakni . . . . " ( dan seterusnya ) 
  • Peserta yang hadir menyampaikan gagasan " Terima kasih kepada Saudara Moderator." "Saudara-saudara sekalian dalam kesempatan ini , saya akan membahas dilema yang telah dikemukakan secara sekilas oleh pembicara mengenai . . . . ” ( dan seterusnya ) 
  • Peserta menyanggah pendapat akseptor lain “ Saya tertarik sekali akan uraian Saudara Yono ihwal . . . Ada pendapat yang menurut saya agak kurang lengkap , yaitu . . . . " ( dan seterusnya ) Diskusi dapat berlangsung dengan baik apabila terjadi kekerabatan yang harmonis di antara unsur - unsurnya .
Jika ingin mendapatkan informasi terkait dunia pendidikan dan pembelajaran, silakan mengunjungi situs www.wnputrio.com , di sana ada banyak pengetahuan umum yang bisa kalian dapatkan.


Demikianlah Artikel yang membahas tentang Pengertian, Unsur dan Etika Dalam Diskusi, Semoga mampu bermanfaat bagi kalian yang ketika ini sementara menempuh pendidikan.

Good luck, long life education

Belum ada Komentar untuk "Terbaru - Pengertian, Unsur Dan Etika Dalam Diskusi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel