✔ Lk-1 Kajian Konsep Hots Sd Dan Smp Laporan Diklat Pkp 2019

lk-1 berupa kajian konsep HOTS dalam tagihan IN 4 yakni salah satu lembar kerja yang harus dibentuk oleh akseptor diklat PKP berbasis Zonasi 2019.

lembar kerja ini nantinya akan diminta oleh guru inti yang kemudian dilaporkan ke lms sim PKB.


Bagi bapak/ibu guru yang sedang mencari refferensi berikut kami berikan rujukan lk-1 kajian konsep HOTS jenjang SD dan SMP.

Contoh Lk-1 SD

LK-1 Kajian Konsep HOTS

Tujuan :

Setelah mengerjakan Lembar Kerja ini diperlukan akseptor bisa mengidentifikasi dimensi pengetahuan, dimensi proses berpikir, dan proses keterampilan serta aspek HOTS menurut materi bacaan.

Langkah-langkah:

1. Konsep HOTS dari video pembelajaran
a. Cermatilah rujukan video pembelajaran HOTS!
b. Tulislah unsur HOTS dalam pembelajaran tersebut!
2. Analisis KD dengan cara:
a. Tulislah pasangan KD dan sasaran KD dari KD pengetahuan dan KD Keterampilan!(LK-1b)
b. Petakan KD pengetahuan ke dalam matrik sumbu simetri kombinasi yang telah disediakan! (LK-1c)
c. Analisis KD tersebut, kemudian rumuskan IPK-nya! (LK-1d)


LK-1a analisis video pembelajaran

Identifikasi acara pembelajaran PPK, Literasi dan HOTS pada LK berikut!

Kegiatan Pembelajaran HOTS
PPK
1.      Berbaris di depan kelas sebelum masuk dan bersalaman dengan guru (integritas)
2.      Berdoa sebelum berguru (religiusitas)
3.      Peserta didik melaksanakan piket sesuai dengan kelompok piketnya (gotong royong)
4.      Mengungkapkan rasa syukur alasannya yakni semua akseptor didik masuk (religiositas)
5.      Menyanyi lagu wajib nasional (Garuda Pancasila) sebelum pelajaran dimulai (nasionalisme)
6.      Kerjasama dalam kelompok untuk menuntaskan kiprah (gotong royong)
7.      Peserta didik menggulung karpet bahu-membahu (gotong royong)
8.      Peserta didik mengerjakan soal tanpa mencontek pekerjaan akseptor didik yang lain (kemandirian)
9.      Peserta didik melaksanakan hasil kerja kelompok ke kelompok lain (kemandirian)
10.  Membentuk kelompok tanpa menentukan teman (kemandirian)
11.  Guru menawarkan senyuman kepada akseptor didik (religiositas)
12.  Yel-yel untuk menambah semangat berguru akseptor didik (integritas)

Literasi


1.      Bermain kiprah (role playing) menjadi flora dan binatang dan membentuk jaring-jaring kuliner (literasi sains)
2.      Menuliskan kembali apa yang telah dibaca dari buku pojok baca (literasi baca-tulis)
3.      Kegiatan kelas membuatkan yakni salah satu bentuk acara literasi dimana salah satu akseptor didik menceritakan pengalaman yang pernah dilalui (literasi baca-tulis)
4.      Membaca data dalam bentuk tabel (literasi numerasi)
5.      Melakukan permainan tradisional gobak sodor (literasi budaya)
6.      Guru memakai LCD dan laptop untuk menampilkan video pembelajaran (literasi ICT)
7.      Membentuk kelompok akseptor didik dengan cara membilang (literasi numerasi)



Transfer Knowledge
(kegiatan Pembelajaran yang menggambarkan TK)
1.      Guru melaksanakan apersepsi dengan mengaitkan materi sebelumnya
2.      Menganalisis korelasi ekosistem dan jaring – jaring
3.      Merinci binatang pemakan biji – bijian
4.      Menemukan kalimat utama
5.      Membuat jaring – jaring makanan
6.      Menyiimpulkan perihal ketidakseimbangan ekosisitem dan jaring – jaring makanan
Critical thinking, Creativity
(kegiatan Pembelajaran yang menggambarkan CC)
1.      Peserta didik memperhatikan video yang ditampilkan
2.      Diskusi mengenai video dan menggali warta dan menghubungkan dengan kehidupan mereka
3.      Peserta didik menentukan dan menganalisis korelasi antar komponen ekosistem sawah dan jaring-jaring makanan
4.      Guru menawarkan kesempatan bertanya mengenai kiprah menciptakan kalimat tanya dan ada yang bertanya , apakah boleh kalimat tanya selalu didahului dengan apa
5.      Anak berdiskusi mengenai apa yang terjadi jikalau binatang punah atau bertambah populasinya dan bagaimana solusinya
Problem Solving
(kegiatan Pembelajaran yang menggambarkan PS)
1.      Peserta didik mencari pemecahan dilema untuk mengatasi serangan ulat bulu, kemudian berusaha menjawab sesuai kemampuan masing-masing
2.      Pemberian kiprah dari guru untuk menciptakan pertanyaan dengan kata apa, siapa, dimana, mengapa dan bagaimana (5W+1H) beserta menentukan kalimat utama dipecahkan anak dengan berdiskusi, membaca keseluruhan isi paragraf
3.      Peserta didik menciptakan peta pikiran dari pandangan gres pokok yang sudah dibaca
4.      Pemecahan dilema apa yang terjadi jikalau salah satu komponen ekosistem punah , dengan cara berdiskusi

Download LK 1 Konsep HOTS SD, Disini

Download LK 1 Konsep HOTS Soal Dan JAwaban SD, Disini

Download LK 1 Konsep HOTS MATEMATIKA SD, Disini

Download LK 1 Konsep HOTS SMP, Disini


Demikian warta kami perihal rujukan kiprah diklat berupa lembar kerja (LK) sebagai kiprah akseptor diklat PKP 2019 yang bisa guru-baik.com berikan, Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "✔ Lk-1 Kajian Konsep Hots Sd Dan Smp Laporan Diklat Pkp 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel